Pilih Platinum atau Emas Putih? Simak Perbandingannya!

Tunangan identik dengan acara pemberian cincin sebagai sebuah simbol ikatan. Cincin tunangan harus dipilih sebaik mungkin mulai dari model maupun kualitas emas. Banyak orang cenderung bingung memilih cincin tunangan emas putih atau cincin tunangan platinum.

Pilih Platinum atau Emas Putih? Simak Perbandingannya!

Meskipun kedua jenis cincin ini memiliki tampilan yang hampir sama, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Apa perbedaan emas putih dan platinum? Simak informasi tentang perbandingannya di artikel ini ya!

3 Perbandingan Penting Cincin Emas Putih dan Platinum

Selain cincin emas kuning, cincin emas putih dan cincin platinum juga banyak diminati orang. Anda pasti bingung mau memilih cincin emas putih atau cincin platinum untuk digunakan dalam acara tunangan, bukan?

Dari pada bingung, lebih baik cari tahu dulu perbandingan cincin emas putih dan platinum. Ketika mengetahui perbandingan keduanya, maka nantinya Anda bisa tidak akan bingung dan bisa menentukan sendiri. Ini dia beberapa perbandingan kedua jenis cincin tersebut!

1. Tampilan Cincin Emas Putih dan Platinum

Cincin emas putih terbuat dari campuran emas murni, perak, dan palladium. Cincin emas putih bisa terlihat mengkilap jika dilapisi dengan lapisan rhodium.

Cincin platinum terbuat dari platinum asli. Ketika platinum dibuat menjadi cincin, maka tampilannya memang sudah mengkilap tanpa dilapisi lapisan apa pun. 

Ya, perbedaan cincin emas putih dan platinum terletak pada tampilannya.

Jika dilihat dari segi tampilan, maka cincin emas putih dan platinum terlihat mirip karena berwarna putih keperakan. Namun, ketika dilihat lebih detail keduanya memiliki perbedaan.

Cincin emas putih terlihat lebih putih dari pada cincin platinum yang terlihat lebih keabu-abuan.

2. Kekuatan dan Daya Tahan

Perbedaan cincin platinum dan emas putih juga terletak pada kekuatan atau daya tahan terhadap kerusakan.

Platinum dikenal sebagai logam yang keras. Kekuatan logam yang satu ini bahkan membuatnya dijadikan bahan utama pembuatan alat militer lho. Hal ini juga menunjukkan bahwa cincin yang terbuat dari platinum bersifat keras, kuat, awet, dan tidak mudah rusak.

Cincin emas putih juga kuat, bahkan lebih kuat dari cincin emas kuning. Namun, jika dibandingkan dengan cincin platinum, maka cincin platinum lebih kuat dari cincin emas putih.

3. Harga Cincin

Salah satu faktor penting yang diperhatikan ketika membeli cincin adalah harganya. Lebih murah mana antara cincin emas putih dan platinum? Harga cincin emas putih lebih murah dibandingkan harga cincin platinum.

Harga cincin platinum bahkan bisa berkali-kali lipat lebih mahal. Namun, harga ini tentu saja sepadan dengan kualitas cincin platinum yang kuat.

Cincin tunangan emas putih dan platinum memang memiliki beberapa perbedaan seperti yang sudah disebutkan di atas. Anda dan pasangan bisa membeli salah satu di antaranya dengan menyesuaikan keinginan atau selera dan budget yang dimiliki sebelum membelinya.

Pastikan juga untuk membeli cincin tunangan di toko perhiasan berkualitas ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *