Hello sobat-sobat semuanya pada artikel kali ini saya akan secara khusus membagikan ke teman sekalian cara membuat pupuk organik dari sabut kelapa.

Pasti dari sobat masih ada yang belum yakin bahwasannya sabut kelapa ini bisa kita jadikan pupuk organik loh, bagi yang penasaran simak artikel kali ini sampai habis ya !.

Tapi sebelum ke pembahasan cara membuat pupuk organik dari sabut kelapa, saya akan membahas background atau latar yang berkaitan dengan sabut kelapa ini.

Langsung saja tanpa kata beserta dengan basa-basi semacamnya kita langsung masuk ke pembahasan dari seputaran yang berkaitan dengan sabut kelapa.

Sabut Kelapa

cara membuat pupuk organik dari sabut kelapa

Sabut Kelapa adalah bagian luar atau bisa disebut selimut keras yang melindungi kelapa.

Sabut kelapa sendiri nantinya dapat dipecah untuk menghasilkan serat sabut atau cocofibre dan serbuk sabut atau biasa disebut dengan cocoir.

Limbah dari sabut kelapa memang sering diabaikan, padahal sebenarnya koil kelapa ini bisa Anda manfaatkan sebagai bahan pupuk organik sobat semua.

Ya, pupuk ini sangat dibutuhkan petani untuk meningkatkan kesuburan tanaman yang mereka tanam.

Karena pada dasarnya tanaman itu sendiri sangat membutuhkan unsur hara yang dapat merangsang zat pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Sabut kelapa sendiri sebenarnya dapat digunakan sebagai pupuk cair karena kandungan nutrisi alami yang sangat tinggi yaitu mengandung kalium yang amat dibutuhkan oleh banyak tanaman.

Cara Membuat Pupuk Organik Dari Sabut Kelapa

cara membuat pupuk organik dari sabut kelapa

Setelah sebelumnya saya membahas tentang latar belakang atau lingkungan yang berhubungan dengan sabut kelapa, kini saatnya membahas cara membuatnya sekaligus pengaplikasiannya.

Pembahasan ini yang sobat tunggu-tunggu ya?, hehe. Langsung saja tanpa kata beserta dengan basa-basi semacamnya kita masuk ke pembahasan cara membuatnya.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

  • Wadah seperti tong, ember, atau sejenisnya sobat siapkan wadah yang pas dengan sabut kelapa untuk diolah pastinya. Biasanya, orang akan menggunakan ember plastik.
  • Berikutnya adalah pisau. Selain itu, pastikan pisau yang Anda gunakan tidak berkarat dan bukan pisau standar untuk memasak, dan jika memungkinkan, gunakan pisau khusus.
  • Gula merah, siapkan volume untuk mengolah sabut kelapa, misalnya 500 gram olahan sabut kelapa, dan menggunakan gula merah untuk takaran 50 gram saja, perbandingan 10:1.
  • EM4 atau Effective Microorganisms 2-4 adalah cairan berwarna coklat dan asam harum yang mengandung berbagai jenis mikroorganisme hidup yang dapat bermanfaat bagi tanaman, jumlah yang digunakan disiapkan rata-rata 50 ml per 500 gram kelapa. pada 1:10.
  • 5 liter air bersih dalam 50 ml EM4.

Cara Membuatnya

  1. Pertama, potong sabut kelapa Anda menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian lanjutkan ke tempat di wadah.
  2. Jelaskan tentang air, gula merah dan cairan EM4. Kemudian bisa di mix sampai rata. Dan dia melanjutkan untuk memasukkannya ke dalam wadah yang berisi potongan sabut kelapa.
  3. Setelah itu, Anda akan tertutup rapat. Buka juga pintu garasi setiap pagi selama beberapa detik agar gas buang bisa keluar.
  4. Kemudian Anda dapat menyimpan semuanya di tempat yang teduh.Dan teman-teman, biarkan saja semua bahan selama 2 minggu.
  5. Setelah 2 minggu, Anda dapat menyaring larutan melalui penyaring.
  6. Dan cairan cair atau POC siap digunakan.

Cara Aplikasi Pupuk Sabut Kelapa

  1. Jika aplikasinya di akar, Anda hanya perlu mencampurkan larutan POC dengan air bersih menggunakan perbandingan 1 : 3. Kemudian tuangkan ke dalam tanaman dengan dosis sekitar 2 ml per tanaman selama satu minggu.
  2. Jika pengaplikasiannya pada daun, Anda hanya perlu mencampurkan larutan POC dengan air bersih menggunakan perbandingan 1:5, lalu semprotkan langsung pada daun dan batang tanaman seminggu sekali.

Itulah artikel kali ini yang membahas cara membuat pupuk organik dari sabut kelapa yang mungkin bisa berguna sekaligus bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan informasi terkait.

Sampai berjumpa lagi sobat semuanya, see you folks in another post ya !, goodbye.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *