Buat kamu yang mau masak makanan dan butuh sayuran segar tapi susah karena sayurannya mulai layu? Artikel ini akan membantu Anda menyimpan sayuran di lemari es agar tahan lama dan secara alami tetap segar saat dimasak.

cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet

cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet

Dengan menyimpan sayuran dengan teknik yang tepat, vitamin dalam sayuran tidak akan hilang karena sayuran Anda layu. Proses pembusukan tanaman dimulai saat dicabut, jadi segera simpan sayurannya agar tidak mudah layu. Dan cek web kami untuk info tentang sayuran lainnya

Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet
Jika Anda ingin cara menyimpan sayuran segar, inilah solusinya. Sayuran yang terkandung di dalamnya memiliki kandungan air yang besar, tepatnya 90 persen. Karena kandungan airnya yang tinggi, sayuran bisa lebih cepat busuk jika disimpan di lemari es dalam waktu lama. Proses layu atau pembusukan sayuran ini dimulai sejak sayuran dipanen.

Bagi Anda, jika menyimpan buah dan sayuran, penampilan, rasa, dan nutrisi yang dikandungnya terpengaruh.

Berikut 5 langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyimpan sayuran di lemari es agar tahan lebih lama:
Pertahankan tingkat kelembapan sayuran
Kandungan air dalam sayuran adalah 90 persen, jumlah ini Anda bandingkan dengan makanan lain adalah jumlah yang besar. Kandungan air yang tinggi inilah yang harus kita jaga agar sayuran dapat bertahan dalam jangka panjang. Jika Anda bisa, usahakan agar sayuran Anda tetap bernapas. Untuk menjaga kadar airnya, kita bisa menyimpan sayuran di dalam plastik yang sudah ditusuk agar sayuran bisa bernafas. Kalau dimasukin kulkas, sayurnya bisa tahan lama

Cuci dan keringkan sayuran sebelum disimpan
Jika Anda baru pulang dari membeli sayuran. Akan lebih baik jika sayuran yang Anda beli segera dicuci dengan sabun agar semua kotoran yang menempel pada sayuran dan semua bakteri yang ada pada sayuran tersebut hilang. Dengan mencuci sayuran ini, Anda memastikan semua bakteri dalam sayuran mati. Ini karena bakteri dalam sayuran Anda adalah salah satu alasan sayuran Anda mulai layu. Setelah sayuran dicuci, keringkan menggunakan kain atau tisu untuk menyerap air yang masih ada di dalam sayuran, kemudian Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari es.

Pisahkan buah dan sayuran
Bagi Anda yang suka membeli buah dan sayuran dalam sekali beli di pasar atau supermarket, maka sebaiknya pisahkan sayuran dari buahnya saat menyimpannya di lemari es. Kenapa kamu bertanya? Ini karena buah-buahan menghasilkan etilen, yang dapat mempercepat pematangan buah dan juga dapat mempengaruhi sayuran. Hal ini juga termasuk dalam mempengaruhi proses layu sayuran lebih cepat.

Pesan sayuran Anda sebelum menyimpannya di lemari es.
Sebelum menyimpan sayuran yang Anda beli di lemari es, sebaiknya dipesan terlebih dahulu. Buang bagian sayuran yang sudah menguning atau kecokelatan agar tidak menyebar ke sayuran lain agar lebih awet dan jangan lupa potong akarnya sebelum disimpan di lemari es.

Kontrol suhu di lemari es
Jika ingin menyimpan sayuran di lemari es, selalu periksa suhu di lemari es untuk menyimpan sayuran agar lebih tahan lama. Suhu yang baik dan cocok untuk menyimpan sayuran di lemari es adalah antara 1 dan 9 derajat Celcius. Jika suhu di dalam lemari es lebih tinggi, bakteri akan lebih mudah berkembang biak. Dan membuat bau sayur menjadi tidak sedap dan cepat busuk.

sekian artikel kami semoga bisa bermanfaaat untuk kita semua dan jika ada kesalahan di artikel mohon maaf

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *