Halo teman – teman semuanya! Pada kali ini saya akan membagikan cara buat telur gulung sosis anti gagal yang bisa kalian praktekkan dirumah kalian dan pastinya gampang.

Bukan cuma itu saja, saya juga akan membagikan beberapa hal menarik mengenai telur gulung sosis ini. Nah, pastikan kalian simak sampai habis artikel ini agar tidak terlewat fakta dan hal menarik seputar telur gulung sosis.

Cara Buat Telur Gulung Sosis Anti Gagal

Telur Gulung Sosis

Telur gulung adalah makanan ringan yang terbuat dari adonan telur yang digoreng lalu digulung di tusuk sate menjadi seratus.

Camilan ini biasanya disajikan dengan saus atau bisa dimakan langsung. Camilan ini memiliki rasa asin dan tekstur yang lembut.

Telur gulung merupakan salah satu jajanan khas di Indonesia dan sangat populer di masyarakat.

Tidak diketahui asal mula jajanan ini, namun yang jelas makanan ini sudah ada sejak zaman Orde Baru.

Pada awalnya, telur gulung tidak terlalu besar penggemarnya. Namun seiring berjalannya waktu, popularitasnya mulai menanjak dan banyak perubahan yang dilakukan terhadapnya.

Seperti mie gulung telur, sosis gulung telur dan tepung gulung telur.

Kemudian pada dekade ini, jajanan lama ini tiba-tiba menjadi populer.

Untuk menyesuaikan dengan bahasa masyarakat modern, makanan ini juga mendapat beberapa variasi agar lebih modern. Salah satu versi paling modern adalah telur gulung mozzarella.

Telur gulung sangat diminati oleh para orang tua untuk bernostalgia. Hingga anak-anak menyukainya karena rasa asin dan kuahnya.

Saking populernya jajanan ini, Anda bisa menemukannya hampir di mana saja, terutama di sekolah, pasar, mall, atau event yang melibatkan banyak orang.

Telur gulung bukan hanya terkenal karena rasanya saja, tetapi juga karena harganya relatif murah untuk semua orang. Biasanya telur gulung ini dijual dengan harga sekitar Rp. 2000 / tusuk sate atau Rp. 8.000/porsi (isi 5 tusuk).

Jajanan ini bisa Anda temukan di banyak tempat, seperti di lingkungan sekolah, kantor, pasar, atau acara yang banyak pengunjungnya.

Cara Buat Telur Gulung Sosis Anti Gagal

Membuat sosis gulung telur tidak terlalu sulit. Meskipun membuat telur gulung lengkap membutuhkan beberapa upaya. Tenang saja, dengan tiga atau empat kali percobaan pasti telur akan berputar dengan lancar.

Sebelum melakukannya, Anda harus terlebih dahulu membuat beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat sosis gulung.

Peralatan ini meliputi penggorengan untuk menggoreng telur, pisau dan talenan untuk memotong sosis, peralatan seperti baskom untuk menaruh bahan, tusuk sate untuk sosis gulung dan piring saji untuk menyajikan snack ini.

Pastikan Anda menggunakan wajan yang cukup besar, menggoreng membutuhkan banyak minyak (menggoreng).

Jika sudah siap, sekarang mari kita lihat di bawah ini bagaimana cara membuat sosis gulung telur dan bahan apa saja yang dibutuhkan.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Telur (3 butir)
  • Minyak (1/2 wajan)
  • Air (50 ml)
  • Tepung tapioka (1/2 sendok makan)
  • Sosis (5 buah)
  • Garam (1/4 sendok teh)
  • Merica bubuk (1/4 sendok teh)
  • Kaldu bubuk (1/4 sendok teh)
  • Tusuk sate (10 buah)
  • Saus sambal (sesuai selera)
  • Mayonaise (sesuai selera)
  • Saus Tomat (sesuai selera)

Cara membuat :

  1. Potong sosis menjadi dua bagian atau sesuaikan dengan ukuran tusuk sate, goreng sebentar, tiriskan dan sisihkan.
  2. Ambil mangkuk dan tuang tepung tapioka dan air, aduk rata, setelah itu menambahkan telur, air, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk, kocok rata hingga adonan tercampur rata dan berbusa.
  3. Ambil wajan dan panaskan minyak dengan api sedang, tunggu sampai minyak benar – benar panas.
  4. Tuang 1 sendok makan campuran adonan ke tengah panci.
  5. Ambil 1 sate sosis lalu gulung telur dan gulung hingga menutupi seluruh permukaan sosis dengan telur. Proses ini perlu dilakukan dengan cepat karena jika terlalu lama, telur tidak akan menempel.
  6. Tiriskan gulungan dengan kertas dapur dan lakukan langkah 4 sampai 6 sampai campuran sosis telur digunakan.
  7. Setelah semuanya matang dan tiriskan, taruh di piring saji dan tambahkan saus tomat, saus sambal dan mayones sesuai selera.

Nah, itu tadi adalah cara membuat telur gulung sosis anti gagal yang bisa gampang dan bisa kalian praktekkan dirumah.

Kalian juga bisa mengunjungi Telur Gulung Anti Gagal yang Gampang Diikuti kalau kalian ingin membuat versi originalnya.

Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa lagi di artikel – artikel selanjutnya, bye – bye!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *