Cara Membuat Gula Semut Aren

cara membuat gula semut
cara membuat gula semut

Cara Membuat Gula Semut Aren – Gula semut merupakan versi bubuk dari gula aren atau biasa juga disebut dengan gula kristal.

Gula semut adalah gula yang terbuat dari gula kelapa ataupun nira dengan bentuk serbuk. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip dengan rumah semut yang bersarang di tanah.

Proses pembuatan gula semut sendiri ternyata ada dua jenis, yaitu yang dibuat dari gula kelapa cetak dan langsung dari nira kelapa.

Gula semut aren ini merupakan gula herbal karena mempunyai khasiat untuk kesehatan juga. Kandungan gula aren;

  1. Mengandung Thiamin (vitamin B1)
  2. Riboflavin (vitamin B2)
  3. Nicotinic Acid (vitamin B3)
  4. Pyridoksin (vitamin B6)
  5. Ascorbic Acid
  6. Kalsium
  7. Niacin proses produksinya melalui 5 tahapan yaitu :
    • Pengirisan
    • Pengeringan
    • Penggilingan
    • Pengayakan
    • Pengemasan

Kegunaan Gula Semut Aren

Gula semut aren dapat digunakan untuk;

  • Kopi
    • Teh
    • Susu
    • Bandrek
    • Minuman Herbal
    • Jamu
    • Pemanis Makanan
    • dll

Cara Membuat Gula Semut Aren

cara membuat gula semut aren

Bahan Dan peralatan Yang Dibutuhkan

  • Nira Kelapa Segar
  • Kasa Kawat
  • Wajan Besar
  • Tungku

Cara Membuat Gula Semut

Secara tradisional, Anda bisa menuangkan air nira sambil disaring dengan kasa kawat dari tembaga, setelah itu Anda bisa meletakkannya di atas kompor untuk menunggu proses pemasakan atau pemanasan ulang. Proses pemasakan ini memakan waktu sekitar 3 jam karena tergantung banyaknya nira. Untuk proses ini, aduk air nira hingga mendidih.

Untuk proses pencampuran gula disini Anda dapat menggunakan mesin yang didesain untuk mengaduk gula semut. Namun, apabila Anda tidak memiliki mesin, Anda bisa menggunakan cara manual ini untuk mengaduknya.

Jika air nira sudah mendidih kemudian membentuk busa, Anda dapat membuang busa tersebut untuk mendapatkan massa gula yang tidak hitam, kering, dan tahan lama. Untuk proses pemanasan, Anda bisa menghentikannya setelah air nira mengental sekitar 8%.

Di sinilah proses pengadukan paling sering dilakukan agar air nira menjadi kental dan pekat. Untuk fase ini busa dan kotoran halus harus dibersihkan. Setelah 10 menit Anda dapat menghapus waktu tunggu dan perlahan-lahan aduk kembali sampai proses kristalisasi terjadi.

Ketika proses kristalisasi telah berlalu, maka Anda dapat mempercepat proses pengadukan untuk menghasilkan bubuk kasar. Bubuk kasar ini biasa disebut gula semut setengah jadi dengan kadar air sekitar 5%. Gula semut setengah jadi ini dihaluskan terlebih dahulu agar gula pasirnya menjadi kental dan halus.

Setelah selesai, lanjutkan proses penyaringan dengan ukuran sekitar 20 mesh. Untuk meningkatkan kandungan isi, Anda dapat menggunakan oven dalam proses pengeringan di sini untuk membuat hasilnya seragam dan bagus.

Bagian butiran yang mengeras dapat digunakan untuk proses penepungan dengan alat seperti cobek. Akhirnya, gula semut sudah selesai diproduksi dan siap digunakan.

Cara Membuat Gula Semut Dari Gula Kelapa

gula semut dari gula kelapa

Jika kita ingin menghasilkan gula semut yang berkualitas, kita juga membutuhkan bahan baku yang berkualitas.

1. Pilih Gula Kelapa Berkualitas

Pertama, mari kita memilih gula kelapa yang baik. Salah satu tanda gula kelapa tercetak dengan baik adalah gula kelapa mudah meleleh jika agak panas. Tetapi jika apa yang Anda kenakan ternyata keras setelah terkena panas, Anda harus berhati-hati.

Wadah gula kelapa boleh menggunakan obat-obatan kimia dalam pembuatannya dan gula tersebut tidak dianjurkan untuk membuat gula semut. Karena jika bahan bakunya tidak bagus, maka hasil gula semut juga tidak akan memuaskan.

2. Perajangan Gula Merah

Setelah mendapatkan gula kelapa yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah menghaluskan gula merah yang digunakan. Usahakan untuk memotongnya sehalus mungkin, untuk hasil yang lebih tipis bisa menggunakan mesin penggiling gula semut. Irisan tipis ini nantinya akan memudahkan proses pengeringan dan penghancuran gula semut.

3. Gula Merah Rajang Dioven

Selanjutnya, keringkan gula pasir yang telah dihancurkan. Anda bisa mengeringkannya lebih cepat di dalam oven. Panggang hingga kadar air sekitar 5%.

4. Penepungan Agar Gula Lebih Halus

Setelah gula benar-benar kering, taburi atau potong-potong lagi sampai benar-benar halus.

5. Pengayakan Gula Semut

Untuk memisahkan gula semut yang besar, ayak setelah tepung agar gula semut nantinya memiliki ukuran yang seragam.

Wah ternyata cara membuat gula semut sangat mudah ya! Hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat gula semut dari gula kelapa cetak adalah kualitas dari gula kelapa cetaknya.

Manfaat Gula Semut

Gula semut ternyata juga memiliki manfaat lho. Manfaat gula semut antara lain;

1. Mengurangi Risiko Diabetes

Gula pasir dengan indeks glikemik tinggi yang kita konsumsi dapat menyebabkan penyakit diabetes. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan gula darah.

Dibandingkan dengan gula pasir, nilai glikemik pada gula semut jauh lebih rendah. Oleh karena itu, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan gula semut untuk mencegah diabetes.

2. Menjaga Kadar Kolesterol

Riset Food and Nutrition Research Institute mengatakan bahwa kadar fitonutrien seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol pada gula semut sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Peran fitonutrien dalam gula semut mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi peradangan.

3. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Gula aren juga mengandung kalsium yang memiliki banyak manfaat, antara lain menjaga sendi, otot dan tulang serta mengurangi risiko osteoporosis.

4. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Kandungan inulin yang terkandung dalam gula semut sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan inulin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Inulin juga membantu mencegah dan mempercepat penyembuhan diare.

5. Menjaga Kesehatan Saraf dan Fungsi Otot

Gula semut mengandung magnesium dalam jumlah besar yang dibutuhkan oleh tubuh. Magnesium membantu menjaga fungsi saraf dan otot, memelihara otot jantung dan kekuatan tulang.

6. Mengatasi Anemia

Gula aren memilki manfaat untuk mencegah anemia. Gula aren tinggi akan kandungan zat besi, yang dapat bermanfaat bagi penderita anemia. Selain itu, gula aren juga mengandung vitamin B1, B2, B6 dan B12.

Gula aren dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Dan dapat meregenerasi sirkulasi darah dalam tubuh. Konsumsi gula aren secara teratur dapat mencegah anemia dan menyembuhkan sindrom ovarium polikistik (PCO) pada wanita.

7. Mengatasi Bau Mulut yang Kurang Sedap

Gula aren juga mempunyai manfaat untuk mengatasi bau mulut. Bau mulut bisa berkembang karena bakteri menumpuk di gigi dan gusi setelah makan.

Gula aren membuat napas Anda harum dan memastikan kesegaran napas Anda. Pastikan untuk selalu membersihkan gigi dan mulut secara teratur untuk menghilangkan bau yang tidak sedap.

Wah, banyak juga manfaat gula semut ini.

Sekian penjelasan artikel ini semoga membantu dan bermanfaat. Stay Safe!

Anda sedang mencari Mesin Gula Semut, lihat selengkapnya di sini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *