Para pecinta kopi pasti sudah tidak asing dengan istilah Cold Brew. Tapi, tahu kah Anda, bagaimana cara membuat cold brew coffee manual yang sedap? Cara buat cold brew ini bukanlah kopi panas yang ditambahkan es, tetapi kopi yang diseduh dengan menggunakan air dingin. Pembuatannya pun cukup simple hanya dengan memakai alat sederhana dengan cara manual.

Hasil seduhan menggunakan air dingin ini membuat rasa dan aroma kopi larut atau keluar dengan maksimal. Makanya air seduhan kopi cold brew lebih maksimal rasa dan aromanya. Kekurangannya kamu harus sabar menunggu beberapa jam untuk bisa menikmati kopinya. Beberapa produk mesin untuk umkm, selah satunya mesin pembuat kopi.

Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual

Bahan yang dibutuhkan :

  • Pot mizudashi
  • 80 gr bubuk kopi medium.
  • 500 gr air mineral dingin/suhu ruangan.

Cara Membuat :

  1. Giling biji kopi menggunakan messin pengilig kopi pada ukuran medium coarse (cukup kasar saja) kurang lebih 80 gr.
  2. Masukkan bubuk kopi ke bagian strainer (saringan) Mizudashi. Pasang strainerke pot.
  3. Tuang air dingin sebanyak 500 gr.
  4. Aduk kopi secara perlahan agar kopi dan air bisa tercampur seluruhnya. Jangan gunakan benda-benda yang berujung tajam saat mengaduk agar tidak merusak filternya.
  5. Tutup pot Mizudashinya. Kemudian masukkan ke lemari es. Waktu pas untuk ‘merendam’ kopi cold brew pada umumnya adalah 8-12 jam, tapi lamanya pendinginan ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  6. Jika sudah, keluarkan Hario Mizudashi coffee pot dari lemari es. Copot bagian saringannya (strainer), jika ingin membiarkan saringan di dalam pot setelah ekstraksi, maka rasanya akan menjadi lebih pekat dan lebih pahit.
  7. cold brew coffee siap dinikmati.

Cara Membuat Cold Brew Coffee Manual

Kesalahan Dalam Membuat Resep Cold Brew

Untuk membuat kopi cold brew sebenarnya mudah sehingga mampu dipraktekkan sendiri di rumah. Alat yang digunakan juga tidak harus canggih seperti yang ada di kedai-kedai kopi professional, cukup menggunakan Mizudashi ukuran kecil kita sudah bisa membuat cold brew sendiri.Meski pun untuk membuat kopi cold brew itu cukup gampang, tapi masih ada saja kesalahan yang terjadi saat membuat kopi cold brew ini.Berikut adalah beberapa kesalahan dalam pembuatan kopi cold brew:

1. Salah Memilih Kopi

Kopi itu memang soal selera. Tapi ada “norma” yang harus diperhatikan supaya rasa kopi cold brew yang diseduh nantinya tidak berakhir dengan rasa kecut menggetar.Salah dalam memilih kopi dapat mencakup banyak faktor. Contohnya, kopi yang dipilih itu kopi robusta yang digiling terlalu halus dan dark roasted.Mungkin, karena inilah masyarakat Turki menyebutnya dengan “strong as death”. Perlu diingat juga, bahwa prinsip dari cold brew yaitu direndam selama berjam-jam lamanya.Maka pilihlah biji kopi yang ketika direndam selama berjam-jam dapat mengeluarkan karakter-karakter ajaib yang ada pada bijinya.

2. Kualitas Air

Air juga dapat memengaruhi kualitas dari rasa yang akan dihasilkan oleh cold brew ini. Jika bisa apasaja, para juara Barista Championship tidak akan susah-susah membawa air sendiri ketika berkompetisi.Saat menyeduh kopi, sebaiknya perhatikan agar air yang akan digunakan tidak mengandung terlalu banyak alkaline atau chlorine.Air mineral memang yang bagus, tetapi air yang difilter umumnya dapat meningkatkan rasa dari hasil seduhan kopi dan menjadi setingkat lebih nikmat.

3. Waktu Ekstraksi yang Terlalu Panjang

Baiknya, waktu ekstraksi yang digunakan untuk membuat kopi cold brew rata-rata adalah 8-12 jam. Bukan 12 hariBubuk kopi yang direndam semakin lama, pasti akan berasa semakin enakkan.

Belum lama ini, seorang penggemar kopi begitu bersemangat bercerita bahwa ia sedang membuat cold brew, tapi waktu untuk ekstraksi yang ia pakai lumayan panjang, yaitu sekitar 10 sampai 12 hari.

Dan ujung-ujungnya dia tanya, “Kok rasanya kayak ada kandungan alkoholnya, ya?”

4. Menyeduh Dengan Air Panas lalu Dimasukkan ke Kulkas

Ini adalah yang paling kacau sekali. Inti dari cold brewing menurut ahli kopi adalah untuk mengeliminasi kadar keasaman pada kopi.

Jadi air yang dipakai untuk menyeduhnya adalah air dingin atau air yang bersuhu ruang. Air yang dingin tidak akan ikut mengekstraksi keasaman dari kopi dan sebaliknya, jadi menonjolkan sweetness dan karakter lembut dari kopi.

Menyeduh kopi dengan air panas kemudian dimasukkan ke dalam kulkas, tentu sama sajadengan membuat iced coffee.

5. Mencampur Dengan ‘Ramuan Lain’

Contohnya, mencampur hasil seduhan menggunakan sirup lychee atau gula sebelum didinginkan pada lemari pendingin degan tujuan untuk menjadikan kopi cold brew-nya terasa sedikit lebih ‘manis’.

Membuat cold brew sebenarnya cukup mudah, karena tidak semua biji kopi dan single origin cocok untuk dijadikan kopi cold brew.

Tapi itulah seninya. Kita harus pandai memilih biji kopi apa yang ketika diseduh cold brew, agar cita rasa atau karakter yang akan dihasilkan bisa menakjubkan tanpa harus mencampurkan gula atau pemania lainnya.

6. Salah Penyimpanan

Misalnya, disimpan pada wadah atau botol bekas menyimpan bumbu dapur atau bekas rendang. Tentu tidak bagus jugakan jika cold brewnya berasa bumbu.

Sebaiknya, pilih botol yang bersih dan tidak memiliki bau atau aroma apapun supaya tidak mempengaruhi hasil rasa dari kopi cold brew.

7. Gilingan yang Tidak Tepat

Karena direndam dalam waktu yang lama dan notabene proses ekstraksinya juga lumayan panjang, sebaiknya sebelum menyeduh cold brew, giling kopi dalam level medium.

Kopi yang terlalu halus/fine akan menyebabkan rasa cold brew menjadi semakin intens dan kuatKecuali jika kalian menyukai karakter yang demikian, tentu saja boleh dicoba.

Demikian artikel cara membuat cold brew coffee manual yang dapat saya sampaikan, semoga kita yang mau membaca dan mengamalkannya bisa mendapatkan manfaat, dan semoga kita selalu diberi kesehatan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *