Memasak Sate Telur Puyuh Pindang Dijamin Lidah Anda Bergoyang

memasak sate telur puyuh pindang
Sate Telur Puyuh Yang Lezat

Memasak sate telur puyuh pindang – Jika Anda menyukai jajanan angkringan, Anda pasti tahu lauk pauk yang disajikan dengan nasi kucing. Aneka macam gorengan, ceker bacem, sate usus, sate telur puyuh.

Sate telur puyuh yang biasa disajikan di angkringan pada adalah versi mini dari telur pindang yang biasa disajikan dengan gudeg. Rasanya kenyal saat digigit dan manis serta asin dengan rasa yang khas.

Telur puyuh berwarna gelap juga bisa disebut telur pindang banyak ditemukan di beberapa makanan khas Indonesia seperti nasi gudeg, nasi bogana dan juga banyak dijual di angkringan.

Bahan-bahannya mudah didapat dan murah, termasuk kulit bawang bombay. Kulit bawang merah menggunakan kulit bagian dalam bawang merah.

Bahan yang tidak kalah pentingnya adalah daun jati, penggunaan daun jati bisa diganti dengan daun jambu biji dan daun salam. Yuk buat telur pindang sendiri di rumah.

Namun Anda harus bersabar karena butuh waktu lama untuk mendapatkan warna gelap yang bagus. Rebus hingga permukaan telur menyerap bumbu dan berubah warna menjadi gelap. Berikut ini resep lengkap dan cara memasak sate telur pindang.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Boba Sendiri dari Rumah Anda

Cara Memasak Sate Telur Puyuh Pindang

Bahan:

  • 20 butir telur puyuh
  • 70 gr kulit bawang merah
  • 2 sendok teh garam
  • 600 ml air
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam / daun jambu
  • 60 – 70 gr gula merah atau sesuai selera
  • 4 sendok teh kecap manis
  • Tusuk sate secukupnya

Cara Memasak:

  1. Rebus terlebih dahulu telur puyuh hingga matang. Angkat lalu rendam dalam air dingin, ini akan memudahkan saat mengupas telur.
  2. Campur semua bumbu dan gula merah, lengkuas dan kecap manis
  3. Campur semua bahan, masak dengan api kecil. Waktu memasak bisa 1 sampai 2 jam.
  4. Ingatlah untuk mengaduk dari waktu ke waktu agar warnanya seragam. Masak hingga air benar-benar berkurang.
  5. Tusuk telur dengan tusuk sate sekitar 4-5 butir atau sesuai selera
  6. Sate telur puyuh pindang siap disajikan.

Resep diatas biasanya dapat disajikan untuk 4 tusuk sate telur puyuh. Sajikan selagi hangat dengan menu utama keluarga anda. Selain rasanya yang enak sate telur puyuh juga mempunyai kandungan gizi yang berguna bagi tubuh kita. Apa saja gizi yang terkandung pada telur puyuh? Mari simak penjelasan selanjutnya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Kandungan gizi telur puyuh

1. Kaya akan protein

Sama seperti telur, telur puyuh juga mengandung makanan yang tinggi protein. Satu porsi sate telur puyuh (terdiri dari 5 butir telur) mengandung 6 gram protein dan hasilnya setara dengan satu butir telur ayam.

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi protein untuk digunakan sebagai energi, menjaga kekuatan fisik, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta membangun dan memperkuat massa otot.

2. Mengandung vitamin A dan kolin

Telur mini ini yang dihasilkan oleh puyuh juga kaya akan vitamin A dan kolin. Setiap porsi sate telur puyuh mengandung 119 mg kolin dan 244 IU vitamin A. Artinya, satu porsi sate telur puyuh (setara dengan 5 butir telur) dapat memenuhi 22-28% kebutuhan kolin harian Anda dan 8 dari 10% dari kebutuhan harian Anda. Kebutuhan. asupan vitamin A.

Keduanya bekerja sama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja untuk mencegah risiko penyakit dan infeksi, terutama perkembangan penyakit jantung. Vitamin A dan kolin dalam sate telur puyuh juga dapat menjaga fungsi sistem saraf dan penglihatan.

3. Kaya akan selenium dan zat besi

Selenium (26%) dan zat besi (9%) yang terkandung dalam telur puyuh lebih asin daripada telur ayam. Selenium bekerja untuk menjaga fungsi kognitif otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid, dan memperbaiki kerusakan DNA. Pada saat yang sama, zat besi dapat membuat sel darah merah yang sehat untuk mencegah anemia.

Zat besi juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kombinasi zat besi dan selenium digunakan tubuh untuk melakukan metabolisme otot dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Bagaimana?Mudah bukan? Silahkan dicoba sendiri masakannya di rumah, ya. Nantikan artikel menarik lainnya di lain kesempatan.

Artikel menarik lainnya jangan sampai anda lewatkan Proses Pengolahan Air Bersih dari Perairan Tanah Gambut Sederhana

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *