Manfaat Cengkeh Bagi Manusia

Cengkih atau dalam bahasa latin disebut Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum. Tumbuhan khas Indonesia ini adalah kuncup bunga kering harum dari keluarga pohon Myrtaceae. Manfaat terbesar cengkeh adalah sebagai bahan utama rokok kretek Indonesia. Selain itu tentunya manfaat cengkeh bagi manusia masih ada banyak lagi.

Mengutip InaAgriMap, sentra produksi cengkeh di Indonesia berada di 10 provinsi berdasarkan luas panen dan produksi, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur. Berdasarkan data BPS 2016, luas tanam tertinggi berada di Provinsi Sulawesi Utara.

Di Indonesia tersedia berbagai varietas unggul cengkeh dan dapat dipilih sesuai dengan kondisi daerah, preferensi petani, dan kebutuhan pasar. Varietas unggul memegang peranan penting, terutama dalam kontribusinya terhadap peningkatan produktivitas.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan (Puslitbangbun) melakukan inovasi untuk terus mengembangkan varietas unggul tanaman cengkeh. Beberapa varietas unggul cengkeh yang telah dikembangkan adalah Cengkih Tuni Bursel, Cengkih Varietas AFO, Zanzibar Gorontalo, Cengkih AFO Zanzibar, dan Cengkih Komposit Zanzibar Karo.

Kandungan Cengkih

Merujuk laman Wikipedia, banyaknya manfaat cengkeh bagi manusia dikarenakan terdapat kandungan senyawa berupa minyak atsiri (eugenol, caryophyllene, furfural, vanillin, methyl salicylate, pyrocatechol, methyl ketone, & valeric aldehydes, eugenin, isoeugenitol, isoeugenitin, eugenitin, tannin , mucil). , resin, selulosa, pinene, asam oleanolic, & minyak tetap.

Eugenol adalah senyawa bioaktif utama cengkeh. Ada 9381-14650 mg eugenol dalam setiap 100 gram cengkeh. Selain eugenol, dalam cengkeh juga terdapat isoeugenol yaitu minyak cair berwarna kuning pucat yang diekstrak dari minyak cengkeh dan kayu manis. Isoeugenol bersifat hidrofobik dan larut dalam pelarut organik. Isoeugenol memiliki aroma pedas dan rasa cengkeh. Isoeugenol dibuat dari eugenol melalui proses pemanasan.

Kandungan eugenol yang dihasilkan oleh cengkeh sering digunakan untuk parfum, penyedap rasa, minyak atsiri dan dalam pengobatan (antiseptik dan analgesik lokal). Senyawa turunan eugenol juga dapat digunakan dalam pembuatan produk penolak serangga dan peredam UV, analgesik, biosida dan antiseptik. Sedangkan produksi isoeugenol dapat digunakan untuk pembuatan vanili, bahan penstabil dan antioksidan untuk plastik dan karet.

Selain yang telah disebutkan di atas, manfaat cengkeh bagi manusia lainnya juga baik untuk menjaga stamina tubuh. Namun, stamina tubuh akan tetap terjaga secara optimal, tentunya dibarengi dengan olahraga yang teratur.

Manfaat Cengkeh Bagi Manusia

Umumnya cengkeh digunakan sebagai bumbu dapur untuk menyajikan cita rasa masakan yang kaya akan bumbu. Misalnya rendang daging sapi, sop buntut, dan nasi briyani Timur Tengah. Dalam kue kering, cengkeh akrab digunakan untuk menambah cita rasa pada kue nastar yang biasa disajikan saat hari raya Idul Fitri.

Tidak hanya mampu menambah kelezatan pada masakan, selain itu juga memiliki beragam manfaat cengkeh bagi manusia. Untuk sekarang kita bisa menggunakan mesin cengkeh untuk dapat mengolah cengkeh dengan mudah. Bahkan beberapa penyakit kronis dipercaya dapat disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi cengkeh.

manfaat cengkeh bagi manusia

Manfaat Cengkeh Bagi Manusia – Mencegah Kanker

Dalam sebuah pengujian, eugenol yang terkandung dalam cengkeh dapat menghentikan pertumbuhan tumor dan membunuh sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan bagi penderita kanker untuk minum air rebusan cengkeh setiap hari.

Manfaat Cengkeh Bagi Manusia – Mengobati Sakit Perut

Air rebusan cengkeh juga bisa mengobati penderita maag. Hal ini dikarenakan kandungan minyak atsiri dalam cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung. Lendir berfungsi untuk mencegah pengikisan lapisan lambung akibat asam. Selain maag, cengkeh juga cocok dikonsumsi oleh penderita sakit maag.

Manfaat Cengkeh Bagi Manusia – Menurunkan Gula Darah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, tanaman herbal cengkeh dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara merangsang aktivitas insulin. Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi cengkeh secara teratur dapat membantu mengontrol diabetes.

Manfaat Cengkeh Bagi Manusia – Melancarkan Pencernaan

Selain bisa mengobati sakit maag, cengkeh juga bisa memperlancar proses pencernaan makanan dan mengatasi kembung atau gas di perut. Kandungan minyak atsiri yang terkandung dalam cengkeh juga dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri jahat di perut.

Cengkih mengandung sifat karminatif dan anti-inflamasi, membuatnya efektif dalam menghilangkan gas dan gangguan pencernaan.

Manfaat Cengkeh Bagi Manusia – Pereda Nyeri

Ada berbagai jenis nyeri yang sering dirasakan oleh tubuh, salah satunya adalah nyeri akibat sakit gigi. Untuk meredakan rasa sakit akibat sakit gigi, Anda bisa menggunakan minyak esensial dari cengkeh yang mengandung fungsi anestesi dan antimikroba.

Zat yang terkandung dalam cengkeh, yang disebut eugenol, digunakan oleh dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Selain bisa meredakan rasa sakit, minyak cengkeh juga dipercaya bisa menghilangkan bau tak sedap.

Selain sakit gigi, cengkeh juga bisa mengurangi nyeri sendi dan tenggorokan. Untuk mengurangi nyeri sendi, oleskan minyak cengkeh ke bagian tubuh yang sakit. Rasakan sensasi hangat yang dapat membantu mengendurkan otot yang cedera.

Manfaat Cengkih untuk Stamina

Siapa yang tidak ingin memiliki stamina yang baik, terutama bagi para pria. Selain harus rutin berolahraga, menjaga stamina juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan cengkeh atau menggunakan minyaknya. Berikut beberapa manfaat cengkeh untuk stamina yang akan Anda rasakan.

Mencegah Ejakulasi Dini

Minyak cengkeh diduga mampu mencegah ejakulasi dini. Menurut penelitian, mengoleskan krim yang mengandung bunga cengkeh yang dicampur dengan bahan lain seperti ginseng ke kulit penis bisa mencegah ejakulasi dini. Hasilnya cukup efektif.

Membunuh Bakteri

Di dalam tubuh, tentu ada bakteri baik dan bakteri jahat. Oleh karena itu, membunuh bakteri jahat dapat dilakukan dengan meminum teh cengkeh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cengkeh merupakan tanaman herbal anti inflamasi dan anti mikroba. Jadi rebusan tanaman herbal ini bisa menjadi anti bakteri yang menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

Obat Tahan Lama

Berdasarkan Association of Sexology di Amerika Serikat, ada tiga rempah yang paling berpengaruh bagi kehidupan seksual, yaitu kayu manis, pala, dan cengkeh. Khusus untuk cengkeh dipercaya berkhasiat untuk menjaga stamina sehingga menjadi obat alami yang tahan lama.

Manfaat Cengkih untuk Rumah

Memiliki rumah yang bersih, harum, dan bebas hama adalah dambaan setiap orang. Jadi kamu, kan? Nah, ternyata manfaat cengkeh tidak sebatas untuk kesehatan dan stamina saja, tapi juga untuk kenyamanan rumah. Melalui cengkeh dan ekstrak minyaknya, Anda bisa merasakan berbagai manfaat untuk beberapa hal sebagai berikut:

Mengusir Lalat

Untuk rumah bebas lalat, cengkeh cocok dengan lemon. Caranya, masukkan 5-10 siung ke dalam irisan lemon. Kemudian letakkan di area yang sering didatangi lalat seperti dapur dan ruang makan.

Mengusir Nyamuk

Minyak atsiri cengkeh juga efektif untuk mengusir nyamuk. Campur minyak cengkeh dengan minyak zaitun, alkohol, atau air, dengan perbandingan 1:10. Alhasil, losion pengusir nyamuk berbahan dasar cengkeh siap Anda gunakan. Semprotkan ke seluruh bagian tubuh yang terbuka, tetapi hindari mata dan mulut.

Penyegar Udara

Untuk membuat pengharum ruangan alami, cengkeh bisa dipadukan dengan jeruk dan kayu manis. Langkahnya, iris tipis jeruk nipis dan masukkan ke dalam toples bersama kayu manis, cengkeh dan air. Penyegar udara ini dapat menyegarkan hampir semua ruang di rumah.

Mengusir Tikus

Menaruh beberapa cengkeh di setiap sudut rumah bisa mengeluarkan aroma yang menyengat. Bau ini sangat tidak disukai oleh tikus dan membuatnya mabuk. Untuk mengusir tikus dengan cengkeh, langkah pertama adalah mengeringkan cengkeh dan membungkusnya dengan kain kasa. Selanjutnya, letakkan bungkusan di sudut yang sering dilewati tikus, seperti dapur dan kamar mandi.

Efek Samping Cengkeh

Meskipun memiliki banyak manfaat cengkeh bagi manusia, sebagian besar penelitian hanya dilakukan pada hewan sehingga penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan. Berbagai risiko bahaya juga terkait dengan penggunaan cengkeh, terutama minyaknya.

Mengonsumsi cengkeh dapat berisiko menyebabkan iritasi kulit, mata, dan pernapasan. Selain itu, juga dapat memicu reaksi alergi pada kulit dan berbahaya jika tertelan. Hindari penggunaan minyak cengkeh jika Anda sedang mengonsumsi obat antikoagulan, menderita sakit maag, memiliki kelainan darah, dan baru saja menjalani operasi besar.

Ada laporan bahwa seorang anak berusia 2 tahun yang mengonsumsi 5-10 ml minyak cengkeh mengalami berbagai masalah medis, yaitu kerusakan hati, masalah pembekuan darah, dan koma. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan cengkeh sebagai obat herbal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Diatas tadi merupakan beberapa manfaat cengkeh bagi manusia, tentu ada banyak manfaat cengkeh bagi manusia lainnya yang tidak disebutkan di atas. Sampai jumpa di artikel lainnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *