Pada artikel kali ini saya akan share cara membuat kerajinan dari limbah plastik kopi. Seperti yang kamu tahu, limbah plastik dapat digunakan kembali salah satunya adalah dengan dibuat kerajinan tangan.

Meskipun begitu, limbah plastik sering dipandang sebelah mata dan tidak sepenuhnya merugikan. Setiap hal memiliki manfaat dan kegunaan masing masing.

Manfaat Dari Limbah Plastik

Membuat kerajinan dari limbah plastik berarti mengurangi pencemaran yang diakibatkan plastik. Disini akan saya paparkan beberapa manfaat dari limbah plastik.

1. Mengurangi pencemaran yang ditimbulkan dari sampah, menghemat energi, dan menjaga SDA

Melakukan daur ulang plastik salah satunya dengan membuat kerajinan tangan artinya telah berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Dan mendaur ulang sampah juga artinya telah menghemat sumber daya alam. Selain itu dengan memproduksi barang dengan bahan daur ulang energi yang dibutuhkan lebih sedikit daripada yang mengunakan bahan mentah.

2. Menambah pengetahuan dan mengasah kreativitas

Membuat kerajinan dari sampah berarti meningkatkan ide dan kreativitas dalam dirimu. Selain ide dan kreativitas, pengetahuanmu juga akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Misalnya kamu akan mengetahui sampah jenis mana yang bisa kamu olah menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonommi yang tinggi.

3. Menambah penghasilan

Mendaur ulang sampah menjadi kerajinan tangan yang unik dapat menambah pengahilan kamu. Dari ide dan kreativitas yang kamu tuangkan ke dalam karya yang dibuat maka kerajinan tersebut akan bernilai ekonomis yang tinggi dan dapat diperjualbelikan, seperti tas dari sampah plastik. Dan jika laku terjual maka kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Plastik Kopi

Setelah dijelaskan sekilas tentang limbah plastik. Sekarang akan saya uraikan tentang cara membuat kerajinan dari limbah plastik kopi. Bungkus kopi sendiri memiliki perpaduan warna yang unik sehingga cocok untuk dibuat beberapa karajinan tangan.

Kerajinan Taplak Meja Dari Limbah Plastik Kopi

cara membuat taplak meja dari limbah plastik kopi

Salah satu kerajinan yang bisa dibuat dari bungkus kopi adalah taplak meja. Taplak meja yang dibuat dari bungkus ini memiliki desain yang unik dan memiliki masa pakai yang awet. Berikut ini cara membuatnya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Bungkus kopi bebas (usahakan semua bungkus memiliki ukuran yang sama)
  • Alat pemotong, seperti gunting dan cutter

Teknik Membuat Kerajinan Taplak Meja Dari Bungkus Kopi

  1. Bersihkan semua bungkus kopi yang akan digunakan, gunting bungkusnya dengan ukuran yang sama pada kedua sisi ujung atas dan bawah.
  2. Kemudian lipat kedua sisi yang tadi telah digunting kedalam sampai membentuk persegi panjang. Dan lakukan langkah ini pada setiap bungkus kopi. Buatlah lipatan ini sebanyak mungkin.
  3. Jika lipatan sudah banyak yang dibuat, kemudian rangkai semua bungkusan kopi tersebut menjadi taplak meja dengan teknik menganyam.
  4. Teknik pengayaman bisa dilakukan dengan menyatukan bentuk persegi panjang dan tarik anyaman dengan rapat sampat terbentuk seperti taplak meja.

Tips membuat kerajinan tangan dari bungkus kopi

  1. Gunakanlah bungkus kopi yang sama dan dengan merek yang sama supaya hasil kerajinanya rapi dan terstruktur.
  2. Saat proses menganyam harus rapi dan dilakukan secara berkala sampai anda hapal, dan proses menganyam pun akan menjadi lebih mudah.
  3. Usahakan dalam menganyam bungkus kopi harus rapat dan rapi supaya hasil anyaman tidak mudah rusak dan bubar.

Kerajinan Dompet Dari Limbah Plastik Kopi

cara membuat dompet dari limbah plastik kopi

Selain dibuat menjadi taplak meja, bungkus kopi juga bisa dibuat menjadi dompet untuk menyimpan uang. Bentuk yang dihasilkan pun unik dan ramah lingkungan, dan juga fungsi utama untuk menyimpan uang masih bisa diterapkan. Berikut ini cara membuatnya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Bungkus kopi bekas seperlunya dalam jumlah banyak (<100 bungkus)
  • Benang dan jarum jahit
  • Gunting

Teknik membuat dompet dari bungkus kopi:

  1. Gunting bagian bawah dan atas bungkus kopi. Untuk bungkus kopi yang dipakai harus sama semua dan saat memotong harus sama antar lainnya.
  2. Lipat bagian kiri dan kanan pada bungkus kopi, sehingga akan bertemu pada bagian tengah.
  3. Jika sudah selesai melipat semua bungkus kopi, sekarang lakukan anyaman satu persatu sampai terbentuk rapi.
  4. Kemudian satukan antara anyaman satu denan anyaman lainnya dengan teknik anyaman.
  5. Terus merajur sampai berbentuk dompet wanita yang diinginkan, dan untuk ukuran dan aksesoris bisa dikreasikan dengan kreativitas masing-masing.

Kesimpulan

Sekian artikel dari saya tentang cara membuat kerajinan dari plastik kopi, seperti taplak meja dan dompet serta sedikit tentang manfaat limbah plastik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu bumi kita untuk mengurangi sampah plastik.

Hal lain yang dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik di bumi kita ini adalah dengan mendaur ulangnya. Salah satunya adalah dengan mesin pencacah plastik. Hasil yang diberikan dari mesin ini adalah sampah plastik yang siap untuk didaur ulang (dibuat) kembali.

Dalam membuat kerajinan dari limbah plastik memang dibutuhkan adanya ketekunan, kesabaran, ide, serta kreativitas jadi jangan terlalu terburu-buru dalam membuatnya supaya hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Saya akhiri sampai sini dulu, kurangi sampah plastik dan sampai jumpa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *