BPOM memiliki sejumlah alat laboratorium canggih seperti refractometer, coloni counter, hot plate stirrer dan lain sebagainya untuk kepentingan penelitian mereka. Karena berdasarkan peraturan Kepala BPOM Nomor 14 Tahun 2014 pasal 2, BPOM bertugas untuk melaksanakan kebijakan di bidang pengawasan dan makanan. Beberapa produk yang di awasi oleh BPOM diantaranya adalah produk terapetik, narkotika, psikotropika, zat adiktif, obat tradisional, kosmetik, produk komplemen dan pengawasan atas keamanan pangan yang memiliki bahan berbahaya. Oleh sebab itu para penggiat UMKM atau pengusaha yang bergerak di beberapa bidang tersebut, mendapatkan sertifikasi BPOM memiliki beberapa keuntungan. Apa saja keuntungan tersebut? simak ulasan di bawah ini

  1. Legalitas Produk

Dengan mendapatkan sertifikasi dari BPOM maka produk kamu sudah legal dan bisa di konsumsi dengan aman oleh seluruh warga Indonesia. Apabila kamu menemukan produk makanan atau obat-obatan yang tidak mendapatkan sertifikasi resmi dari BPOM maka pengguna dari pada produk tersebut pasti tidak tau kandungan atau komposisi di dalam produk tersebut karena bisa saja terdapat barang atau kandungan yang di larang untuk di konsumsi yang mana membuat produk tersebut tidak legal di jual.

  • Garansi Keamanan

Selain legal, melalui sertifikasi resmi BPOM produk kamu aman untuk di konsumsi secara bebas dengan dosis atau takaran tertentu. Pada saat proses pengambilan sertifikat atas produk kamu BPOM akan melakukan uji lab untuk meneliti bahan dasar dan komposisi dari pada produk kamu, dengan begitu mereka tau apakah ada bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya. Dengan mendapatkan sertifikasi BPOM maka mereka akan menjamin keamanan produk yang kamu jual.

  • Memudahkan Dalam Melakukan Pemasaran

Bisa menghadirkan rasa aman dan percaya kepada pelanggan merupakan salah satu kelebihan yang harus di miliki oleh penjual produk. Karena dengan adanya rasa percaya tersebut sang penjual akan jauh lebih mudah apabila mereka ingin melakukan ekspansi pasar ke dalam maupun ke luar negeri karena sertifikat yang di keluarkan oleh BPOM juga di akui di luar negeri.

  • Meningkatkan Citra Produk

Untuk para penjual yang memiliki brand mereka sendiri citra dari pada brand dan juga produk tersebut otomatis akan meningkat apabila di bandingkan dengan produk lain yang belum tersertifikasi. Dengan adanya sertifikat tersebut berarti produk kamu legal dan aman untuk di konsumsi. Hal ini tentu akan sangat baik untuk pengembangan citra brand yang sedang kamu bangun.

Itulah 4 hal pentingnya mendaftarkan produk kamu ke BPOM. Selain mendapatkan legalitas dengan mendapat sertifikat BPOM kamu secara langsung juga jujur dalam menciptakan produk yang dapat di konsumsi oleh publik. Kamu dapat mendaftarkan produk kamu ke BPOM dengan cara online melalui website atau kamu bisa mendatangi langsung ke kantor Badan Pengawas Obat Dan Makanan. Di kantor tersebut mungkin kamu akan menemukan box mesin antrian yang berfungsi sebagai mengatur antrian di kantor tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *