Apakah kalian pernah berfikir sebuah kertas terbuat dari apa? Pertanyaan itu mungkin pernah terlintas dalam benak kalian. Maka dari itu anda perlu mengetahui kertas terbuat daru apa? dan bagaimana proses pembuatan kertas?. Tujuannya agar kalian dapat memanfaatkan kertas dengan sebaik-baiknya.

Kertas merupakan benda yang sangat sering kita jumpai di sekolah, kantor, rumah, percetakan, dll. Tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui sebenarnya kertas itu terbuat dari apa dan bagaimana cara membuat kertas. Padahal mereka telah menggunakan kertas selama bertahun-tahun.

Nah, bahan utama yang digunakan untuk membuat kertas yaitu kayu. Di negara Indonesia, dalam pembuatan kertas menggunakan kayu dengan jenis Akasia. Karena pada jenis kayu akasia ini mempunyai serat pendek dan mudah diolah jika dicampurkan dengan kayu yang mempunyai serat panjang (kayu pinus) tujuannya untuk memperkuat kertas.

Baca Juga : Ingin Tahu Seluk Beluk Cara Pembuatan Kertas? Yuk Simak!

Kertas Terbuat Dari Apa? dan Apa Bahan baku Pembuatan Kertas?

kertas terbuat dari apa

Pada awal sudah dijelaskan bahwa pada umumnya kertas terbuat dari kayu. Untuk bahan baku pembuatan kertas sebenarnya tidak hanya kayu saja yang dapat kita manfaatkan sebagai bahan baku.

Namun bahan lain seperti pohon papirus, bambu, bahkan kulit binatang dapat kita manfaat kan untuk membuat kertas. Untuk lebih lengkapnya yuk simak bahan baku untuk pembuatan kertas berikut ini yaa :

1. Kayu

Pada umunya kayu adalah bahan baku pembuatan kertas yang paling pokok. Jenis kayu yang biasa digunakan yaitu kayu akasia dan sengon. Karena kayu akasia dan sengon mempunyai kandungan serat yang tinggi dan kandungan air nya sedikit. Sehingga dapat memperkuat kertas.

2. Bambu

Selain kayu, ternyata kertas dapat terbuat dari bambu. Pada penemuan kertas dari bambu ini sangat mengubah dunia, karena sebelumnya penulisan menggunakan kulit hewan atau daun seperti papirus dan lontar sebagai media menulis, padahal bahan tersebut tidak mudah ditemukan, tidak murah, dan kurang praktis.

Negara China, Korea, dan Jepang menggunakan batang pohon bambu sebagai bahan baku pembuatan kertas. Karna selain mudah didapat, harganya juga lebih terjangkau.

3. Pohon Papirus

Telah tercatat dalam sejarah, bangsa mesir merupakan bangsa yang menjadi pelopor pembuatan kertas. Karena pada saat itu bangsa mesir kuno menggunakan pohon papirus sebagai bahan baku membuat kertas

Papirus merupakan jenis tanaman air dan umumnya dapat ditemui di tepi dan lembah Sungai Nil. Kira-kira 3500 SM, bangsa Mesir Kuno sudah memanfaatkan pohon papirus.

5. Kulit Binatang

Selain pohon pohonan ternyata kulit jenis domba dapat digunakan dalam pembuatan kertas. Dikarnakan bahan mudah didapat walau tidak sebanyak kayu maupun bambu.

Langkah-langkah pembuatan kertas :

  1. Kertas terbuat dari kayu yang dipilih dan dipotong dengan baik. Kemudian dibiarkan selama berbulan-bulan agaar kayu tetap lembab.
  2. Kupas kayu yang sudah lama dibarkan berbulan-bulan. Kemudian potong menjadi ukuran yang lebih kecil.
  3. Kayu dipotong seukuran dengan kotak korek api, lalu dimasukkan di tangki air jumbo atau biasa disebut gester.
  4. Pada alat tangki air jumbo ini, kayu di tekan dan dipanaskan. Setelah diproses beberapa jam, kayu akan berubah menjadi bahan yang halus seperti kapas atau biasa disebut dengan pulp/bubur kertas.
  5. Setelah keluar dari gester, pulp tersebut dicampurkan dengan air. Kemudian dilewatkan melalui mesin headbox.
  6. Headbox menyebarkan bubur kertass pada ayakan kawat. Saat penggiling menekan pulp ke atas jaring, sekitar 98% air akan keluar.
  7. Kemudian, rangkaian pabrik lainnya mengekstraksi hampir semua air yang tersisa dari kertas kering. Hanya beberapa molekul air yang ada sekarang.
  8. Kertas yang baru dibentuk melewati roller lain, yang dipanaskan dari dalam. Sekarang, silinder akan melepaskan air dari umpan kembali. Serat selulosa kini menjadi kunci yang saling mengunci.
  9. Spindel besar yang disebut spindel mengumpulkan kertas menjadi gulungan besar.
  10. Gulungan ini kemudian dipotong menjadi gulungan atau irisan kecil dan dikirim keluar dari pabrik.

Nah demikian artikel mengenai kertas terbuat dari apa, dan bagaimana cara pembuatan kertas. Semoga bermanfaat informasinya. SEE YOU 🙂

Baca Juga : Ide Kerajinan dari sampah plastik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *