Membuat Minyak Atsiri Sendiri

Membuat Minyak Atsiri Sendiri  :

Halo semuanya! Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat minyak esensial sendiri. Nah untuk penjelasan kali ini saya akan ambil contoh yaitu cara membuat minyak atsiri serai. Untuk proses pembuatannya, yuk simak artikel berikut ini!

Membuat Minyak Atsiri Sendiri

Buat Minyak Atsiri Anda Sendiri

Minyak atsiri diolah dengan proses pemurnian menggunakan mesin destilasi minyak atsiri. Cara membuat minyak serai menggunakan beberapa proses pemurnian yaitu sebagai berikut:

1. Distilasi dengan air (Water Distillation)

Dalam penyulingan ini, bahan baku bersentuhan langsung dengan air. Dimana pada saat penyulingan, serai direbus dengan air dalam tangka, kemudian minyak serai akan menguap bersama uap air.

Ini karena kondensor mengalir melalui pipa dan membuat uap kembali menjadi air. Kemudian air masuk ke tangki pemisah dimana terjadi proses pemisahan minyak dan air.

2. Distilasi menggunakan air dan uap (Distilasi Air dan Uap)

Dalam penyulingan ini bahan bakunya tidak berhubungan langsung dengan air karena dimasukkan ke dalam ketel yang berisi air ¼ bagian dari ketel. Hal ini dikarenakan pada penyulingan ini terdapat pemisah antara air dan bahan baku yang biasa disebut sarangan untuk menanak nasi.

Dan pada saat air mendidih, maka uap yang keluar melalui lubang tersebut membawa uap minyak sereh yang dialirkan melalui pipa yang terhubung dengan kondensor sehingga cairan minyak sereh dapat diperoleh melalui separator.

3. Distilasi menggunakan steam langsung

Dalam proses ini uap dialirkan melalui pipa menuju bak tangki bahan baku yang merupakan tempat perebusan serai. Dan nantinya minyak serai akan terbawa bersama uapnya kemudian dialirkan ke cooler dan berakhir di separator untuk mendapatkan minyak atsiri serai.

Manfaat minyak serai

1. Sebagai anti bakteri dan anti jamur

Serai digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka dan juga membantu mencegah infeksi bakteri dan jamur. Sereh yang diekstrak menjadi minyak atsiri efektif melawan berbagai bakteri yang bersifat anti obat seperti infeksi kulit, radang paru-paru, infeksi darah, dan usus.

2. Kaya akan antioksidan

Menggunakan obat kumur minyak serai bermanfaat bagi penderita yang mengalami radang gusi dan masalah mulut lainnya. Sereh memiliki sifat antioksidan yang kuat dan efektif dalam membasmi radikal bebas yang dilakukan secara in vitro percobaan.

3. Meredakan sakit perut dan mual

Serai digunakan dalam pengobatan tradisional yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, mulai dari sakit perut hingga maag.

4. Mengatasi diare

Menurut penelitian tahun 2006 disebutkan bahwa serai dapat membantu memperlambat diare secara alami. Dan jika menggunakan minyak serai secara topikal pada perut, dipercaya dapat meredakan sakit perut akibat diare.

5. Mengatasi kolesterol

Secara tradisional, serai digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi dan mengatasi penyakit jantung. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak serai dapat menjaga kesehatan kadar trigliserida dalam tubuh, sehingga menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

6. Mengobati varises

Minyak serai meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembengkakan yang dapat membantu meringankan kondisi seperti varises. Caranya dengan mengompres menggunakan air hangat yang dicampur dengan beberapa tetes minyak esensial serai selama 15 menit

7. Mengatasi nyeri sendi

Jeruk dalam minyak esensial serai dapat membantu meredakan nyeri akibat peradangan. Minyak esensial serai digunakan secara topikal mengurangi rasa sakit radang sendi. Rata-rata, pereda nyeri mulai dari 80 – 50% dalam 30 hari.

Itulah cara membuat minyak atsiri serai beserta 7 manfaatnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisannya. Untuk kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Terima kasih…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *