Merencanakan dan melakukan keputusan terhadap keuangan yang kamu miliki merupakan hal yang sulit untuk dilakukan apalagi jika kamu akan menginjak usia 30 tentu akan lebih sulit karena akan lebih banyak beban dan tanggung jawab yang ditanggung.

Kamu wajib menggunakan dan merencanakan keuangan secara tepat dan bijak maka dari itu uang tersebut akan kamu berguna untuk hidup kamu dimasa depan. Hindari kesalahan-kesalahan keuangan ini agar pengelolaan keuangan kamu juga menjadi semakin baik, yuk simak dibawah ini.

  • Tidak melakukan perencanaan anggaran

Saat usia 30, ternyata kamu baru menyadari bahwa kamu tidak bisa melakukan evaluasi pada keuangan kamu. Kamu tidak mengetahui secara pasti lari kemana uang kamu. Maka dari itu, kamu wajib mengatur arus kas yang kamu miliki, kamu juga bisa melakukan kontrol dan monitoring kebiasaan belanja kamu.

Lakukan hal tersebut selama satu bulan, agar kamu terbiasa dan nanti akan menjadi habit bagi kamu sendiri. Konsitensi dan disiplin adalah kuncinya.

  • Tidak merencanakan uang pensiun

Semakin muda kamu menyiapkan dana pensiun maka akan semakin baik. Dana pensiun ini sangat penting untuk disiapkan lho, karena saat sedang aktif bekerja seperti ini kamu bisa menyisahkan penghasilan kamu untuk dana pensiun.

Ketika kamu pensiun nanti hidupmu juga jadi lebih terjamin dan tidak direpotkan dengan banyak hal. Hidup kamu juga akan semakin tenang dan bahagia.

Sebaiknya kamu memiliki tujuan keuangan yang jelas ya, dengan tujuan keuangan yang jelas ini kamu akan semakin mudah ketika merencanakan keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain itu kamu juga jadi paham seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk mencapai sesuatu.


Seperti itulah kesalahan-kesalahan yang bisa kamu hindari ketika mengatur keuangan. Simak artikel menarik lainnya disini ya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *