Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kuat tidaknya lapisan aspal jalan raya. Jika dalam proses pembuatan jalan terdapat kombinasi yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan aspal. Bagaimana kita bisa memperkuat aspal supaya tahan lama? berikut tips cara memperkuat aspal menurut  jasa aspal cirebon.

Ketebalan Lapisan aspal

Jika kita perhatikan, dalam proses pembuatan aspal pekerja  kontraktor aspal cirebon akan menuangkan material beberapa kali. Mereka akan menabur pasir, kerikil, aspal cair atau kombinasi lainnya.

Pada lapisan beton terdapat 3 lapis permukaan untuk pengaspalan. Berikut 3 lapisan yang  termasuk jasa aspal cirebon yaitu Lapisan fondasi bawah (minimal 6 cm), Lapisan fondasi tengah (minimal 5 cm) dan Lapisan permukaan atas atau laston lapis aus (minimal 4 cm). Jadi, jika dijumlahkan sesuai peraturan 6+5+4= 15.  Dengan demikian ketebalan minimum aspal yang baik adalah 15 cm. Semakin tebal laston yang dipakai, semakin kuat dan tahan lama penggunannya.

Jenis Bahan dan material aspal

Bahan yang di gunakan  jasa pengaspalan cirebon pada bagian bawah adalah pasir halus (find sand), pasir kasar (coarse sand), dan kerikil (gravel). Hal ini dikarenakan material tersebut tidak menyerap air, lebih kuat merekat dengan lapisan atasnya, dan bisa mempermanjang usia aspal.

Kemiringan Jalan

Biasanya  jasa pengaspalan cirebon akan membuat sisi jalan sedikit miring untuk memberikan jalan bagi air hujan ke selokan. Hal ini karena air hujan yang menggenang membuat aspal lebih mudah berlubang. 

Sistem pembuangan air (Drainase)

Lapisan aspal yang kuat membutuhkan sistem pembuangan air yang baik. Sehingga dalam pemilihan bahan yang baik seperti yang disebutkan di atas sangatlah penting karena menentukan kekuatan dan ketahanan usia aspal. Banyak jalan raya yang amblas dikarenakan sistem pembuangan air yang buruk. Sehingga dalam pembuatan jalan aspal, sistem pembuangan air harus diperhitungkan dengan baik.

Itulah hal-hal yang perlu kita ketahui mengenai pembuatan jalan aspal yang berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang berencana memperbaiki jalan aspal secara swadaya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *