Mengenal Karakteristik Burung Cekakak Batu

Salah satu jenis burung yang sering terlihat terbang di sekitar kita adalah burung cekakak. Karena pada umumnya burung-burung ini berada di sungai dalam mencari makanan pula dalam bentuk ikan dan udang.

https://www.senapananginpedia.com

Ada satu jenis burung yang unik. Burung yang di sini banyak tersebar di Indonesia. Untuk jenis burung itu juga termasuk salah satu dari 45 spesies burung raja udang dapat ditemukan di Indonesia.

Bahkan jenis burung ini juga salah satu spesies burung telah dinyatakan terancam oleh beberapa faktor. karena kehadiran hutan yang sebagai tempat tinggal mereka.

Anda perlu tahu, ternyata bahwa di seluruh dunia ada sebanyak 90 spesies burung raja udang menyebar di daerah tropis. Yang menyebar di Afrika, Asia, dan juga di Australia. Dan salah satunya adalah burung cekakak batu.

Burung cekakak batu adalah salah satu dari burung dalam keluarga Halcyonidae.

Karakteristik burung cekakak batu bahwa Anda harus tahu pertama bahwa tubuhnya hanya berukuran 20 cm. Untuk motif tubuh nya yang tampak bergaris mencolok.

Adapun burung cekakak batu laki-laki, di bagian dari mahkota dan juga pada bagian dari bagian atas tubuh biru dengan warna hitam dan putih.

Adapun di bagian bawah dada putih, dengan sisi dada berwarna kemerah-merahan. Untuk jenis pulchella, pada bagian dari dahinya memang memiliki warna merah karat. Adapun tentang ras Kalimantan dan Bangka yang menunjukkan garis kumis dan di bagian pipinya hitam.

Karakteristik burung cekakak batu bahwa perempuan adalah pada tubuh bagian atas adalah merah dan juga hitam bergaris. Dan untuk warna putih bagian bawah tubuh. Selain itu, untuk jenis burung ini juga memiliki garis hitam yang ada di bagian dada dan juga da di sisi tubuh.

Burung-burung ini juga akan makan serangga yang memiliki ukuran besar, dan kadang-kadang kadal kecil. Dalam burung cekakak batu menghasilkan telur 2 sampai 5 butir yang berwarna putih.

Menurut https://www.senapananginpedia.com setelah itu, akan diletakkan di sarang dalam bentuk lubang di cabang pohon mati, kadang-kadang juga memakai sarang rayap di pohon

Gerakan burung yang gesit, tampaknya juga didukung oleh paruh, yang ramping. Dengan demikian, tidak akan menghambat kecepatan terbang nya. Gerakannya juga akan membantu mereka dalam menangkap ikan di bawah permukaan air.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *