Panduan Sebelum Memulai Bisnis Catering Di Jakarta

Sebelum memulai membuka sebuah bisnis seperti usaha layanan catering nasi box memang memerlukan modal. Karena jika tidak ada modal yang cukup, bisnis tidak akan bisa dimulai. Namun apakah hal ini menjadi sebuah penghalang untuk kamu? Nah, di sini akan diberikan paduan memulai bisnis catering di Jakarta untuk kamu.

Memulai usaha catering kecil-kecilan dengan kata lain kamu bisa mempertahankan pekerjaan yang sekarang, seiring usaha catering berkembang kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih usaha catering sebagai pekerjaan utama.

Pertimbangannya adalah kamu harus memikirkan kehilangan gaji tetap, penanganan stress, serta situasi keluarga. Menjalankan bisnis catering pun membutuhkan waktu berjam-jam, terutama di malam hari, akhir pekan, dan di hari libur.

Ingin membuka usaha catering di Jakarta ? Berikut ini Tipsnya :

  1. Pengalaman Kerja

Siapapun yang akan memulai usaha catering, lebih baik jika memiliki pengalaman bekerja didalam bidang yang sama terlebih dahulu. Ini pun menjadi satu langkah yang baik untuk memutuskan apakah memulai usaha catering itu sesuatu yang ingin kamu lakukan. Pengalaman kerja pun akan membuat kamu menyadari bahwa usaha catering termasuk pekerjaan fisik, karena berdiri berjam-jam.

  • Menentukan Nama Catering

Hal yang menyenangkan namun sedikit rumit adalah memilih nama yang tepat untuk usaha catering. Nama ini bisa merefleksikan menu makanan yang akan menjadi andalan, lokasi, atau permainan kata.

  • Mempelajari Laporan Keuangan

Seperti bisnis lainnya, kamu harus memiliki laporan laba rugi untuk semua hal yang dilakukan dalam usaha catering. Perhitungkan terlebih dahulu pengeluaran yang digunakan, setelah itu barulah tentukan harga setiap menu makanan dengan mengambil margin yang sesuai.

  • Melakukan Promosi

Media sosial seperti facebook, website, instagram menjadi cara yang ampuh untuk mengenalkan usaha catering Jakarta kamu. Gunakanlah media sosial ini untuk meminta saran dan menetapkan diri kamu sebagai seorang ahli.

  • Fokus Terhadap Bisnis Catering

Kamu tidak perlu perdulikan apa yang orang katakan tentang usahamu, tetaplah fokus dalam menyempurnakan menu cateringmu. Kamu juga harus belajar kreatif sekaligus ingat bahwa kamu adalah pengusaha, menjadi pengusaha berarti harus menyeimbangkan bisnis catering kamu dengan kegemaran kamu dalam memasak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *