Pada artikel kali ini, saya akan membagikan lagi resep atau cara membuat keripik pisang nangka yang legit dan mudah untuk dibuat, namun sebelum kita membahas resepnya, kita akan mengetahui manfaatnya terlebih dahulu.

Manfaat keripik pisang nangka

Keripik pisang memiliki efek positif pada kesehatan Anda! Salah satunya baik untuk kesehatan berbagai organ dalam tubuh. Nah, daripada penasaran, berikut ini manfaat keripik pisang untuk kesehatan:

Mencegah asma

Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan. Nah, kandungan keripik pisang ini ampuh untuk mengatasi asma. Mari kita mulai dengan makanan sehat ini untuk mencegah asma.

Menjaga kesehatan otak

Kesehatan otak juga bisa dijaga dengan mengonsumsi keripik pisang. Kandungan keripik ini bisa melindungi otak dari penyakit. Sedikit banyak dipengaruhi oleh serat yang mencegah naiknya kolesterol.

Mencegah kanker

Pisang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, rasa pisang melindungi Anda dari berbagai penyakit. Kanker bisa dicegah dengan makan keripik pisang.

Hindari sembelit

Sembelit dapat dicegah dengan mengonsumsi pisang olahan secara teratur. Kandungan serat yang tinggi membuat sistem pencernaan tetap waspada. Tidak hanya mencegah sembelit, pisang juga efektif mengobati diare.

Mencegah anemia

Penderita anemia disarankan untuk makan pisang atau produk olahannya karena efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi pada pisang sangat tinggi. Pisang juga membuat tubuh Anda lebih segar dan sehat.

Resep atau Cara Membuat Keripik Pisang Nangka

Cara Membuat Keripik Pisang Nangka yang legit sebenarnya cukup mudah, berikut ini caranya.

1. Cara Membuat Keripik Pisang Nangka

Bahan-bahan

  • 1 tundun pisang nangka
  • 1 kg minyak goreng
  • secukupnya Gula
  • secukupnya Garam
  • 6 siung bawang putih yg dihaluskan

Langkah-langkah

  1. Siapkan pisang yg bagus aja dan kupas kulitnya(me pakai sarung tangan plastik biar tidak kena getahnya), rendam di air hangat
  2. Cuci bersih lalu bumbui dengan bawang putih, garam,gula (saya rendam pakai airnya jd ditiriskan pas lg mau goreng aja)
  3. Parut dg parutan pisang biar cepet aja lalu rendam 10 menit tiriskan yg mau digoreng
  4. Panaskan minyak dlm wajan, setelah panas masukkan kepiriknya jgn ditinggal bun krn takut gosong, saya pakai api sedang kecil
  5. Setelah kuning matang angkat, tiriskan

Baca juga : ” Cara Membuat Keripik Nangka Sederhana “

2. Cara Membuat Keripik Pisang Nangka

Bahan-bahan

  • Pisang nangka yang masih hijau
  • Minyak untuk menggoreng
  • Bumbu halus
  • 2 siung bawang putih
  • Garam
  • Air

Langkah-langkah

  1. Uleg bawang putih, garam, lalu beri air kira-kira kurang lebih sepenuh cobeknya
  2. Kupas bersih pisang dari kulitnya
  3. Rendam pisang yang telah dikupas di dalam air supaya tidak menghitam (teroksidasi) selama menunggu giliran untuk diiris-iris
  4. Iris memanjang pisang, bisa manual dengan pisau atau menggunakan alat (saya pakai alat tradisional)
  5. Goreng irisan pisang dalam minyak panas yang banyak, tunggu sampai setengah matang kira-kira seperti ini
  6. Masukkan 2,5 sdm bumbu uleg yang telah diberi air tadi ke dalam wajan yang berisi pisang setengah matang (jika sudah cukup lama biasanya minyak sudah cukup asin, jd kurangi takaran ke 2 sdm saja)
  7. Saat air masuk maka akan bereaksi menimbulkan suara dan gelembung-gelembung kecil, aduk-aduk pisang sampai gelembung tersebut hilang (kondisi minyak normal) lalu tiriskan
  8. Tiriskan pisang agar semua minyak turun lalu tunggu sampai dingin kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup rapat

Baca juga : “Resep Membuat Sale Pisag Basah”

3. Cara Membuat Keripik Pisang Nangka

Bahan-bahan

  • 1 sisir pisang nangka mentah
  • Minyak goreng
  • Air garam

Langkah-langkah

  1. Kupas pisang kemudian cuci hingga bersih
  2. Kemudian iris tipis mnggunakan pisau tajam.. atau alat slice.. dan rendam di air garam kemudian goreng di minyak panas… bnyakin minyaknya ya supaya bagus hasilnya.
  3. Setelah kering dan kekuningan.. angkat lalu tiriskan..

4. Cara Membuat Keripik Pisang Nangka

Bahan-bahan

  • 5 sisir pisang nangka mentah/sesuai selera saja
  • 3 siung bawang putih
  • Secukupnya garam
  • 2 liter minyak

Langkah-langkah

  1. Haluskan bawang putih dan garam lalu tambahkan air secukupnya Kupas pisang lalu rendam d dalam air garam.stelah itu iris tipis menggunakan irisan khusus/ bsa pke pisau biasa.lebih bagus klo pke pisau khusus dan d iris langsung k dlm minyak panas.
  2. Panaskan minyak masukan satu persatu irisan pisang pastikan terendam minyak ya bun (jngn lngsung sekaligus d msukin nanti kripiknya menempel dan susah kering).bila bgian bwah pisang sudah stengah kring mka bsa kta balikan dan goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan lalu angkat dan tiriskan.kripik siap d mkn dan bsa tahan lama caranya kita taro d toples/plastik bening

5. Cara Membuat Keripik Pisang Nangka

Bahan-bahan

  • 2 sisir pisang nangka
  • 250 gr minyak goreng
  • 100 gr mentega

Langkah-langkah

  1. Sediakan bahan, pisang nangka muda.
  2. Kupas pisang secukupnya n parut. Jgn dikupas semua krn bsa berubah warna menjadi gelap. Jd seperlunya saja n iris dgn alat iris kripik. Pas sdh mau matang kupas n iris lagi pisangnya n mskan ke minyak goreng yg sdh panas. Lakukan sampai pisang hbs.
  3. Panaskan minyak goreng tambahkan mentega. Setelah benar2 panas masukan irisan pisang satu persatu, biar tdk bertumpuk pas digoreng. Balik sisi bawahnya biar rata masaknya. Setelah kuning keemasan angkat n tiriskan.
  4. Siap disajikan.
  5. Setelah dingin simpan ditoples.

Nah itulah tadi resep dan manfaat yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *