Bingung tentang cara menanam rumput gajah mini? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara menanam rumput gajah mini supaya selalu subur.

Pengertian Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang unggul karena hasil panennya yang tinggi, kandungan nutrisinya dan palatabilitasnya yang tinggi bagi ternak ruminansia. Rumput ini dapat hidup di berbagai tempat, tahan naungan, tanggap terhadap pemupukan dan membutuhkan tingkat kesuburan tanah yang tinggi.

Rumput gajah mini tumbuh membentuk rumpun dengan akar berserat yang rapat dan terus menghasilkan anakan bila dipanen secara teratur. Dari segi pola pertumbuhan, rumput gajah mini memiliki karakter yang unik karena pertumbuhan daunnya lebih mengarah ke samping. Tinggi tanaman rumput gajah muda kurang dari satu meter.

Sangat mudah untuk membedakan rumput gajah mini dari rumput gajah biasa. Tinggi tanaman, jumlah anakan, panjang batang serta panjang dan lebar daun untuk kedua kultivar
Ini sangat berbeda.

Karakteristik morfologi lainnya yang mudah dibedakan antara rumput gajah dengan rumput gajah mini adalah bentuk dan ukuran batang. Batang rumput gajah berbentuk silinder sedang untuk rumput gajah mini berbentuk pipih.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

cara menanam rumput gajah mini

1.Siapkan Lahan dan Media Tanam :

Jika Anda sudah bertekad untuk memilih jenis benih rumput gajah, kini saatnya mempersiapkan lahan untuk menanamnya. Pastikan memilih lahan dengan media tanam yang gembur. Ketika media tanam terlihat seperti tanah pot yang tandus, hal pertama yang harus dilakukan staples adalah mengendurkannya.

Letakkan kompos di sekitar tanah seperti pupuk kandang, lalu diamkan selama satu hingga dua minggu sebelum menanam rumput.

2. Proses budidaya rumput gajah bayi

Waktu terbaik untuk menanam rumput ini adalah saat musim hujan. Pada musim hujan, tanah banyak menyerap air sehingga membuat rumput tumbuh dengan cepat. Pada awalnya, staples harus melonggarkan tanah dengan sekop, dan kemudian saya mulai membuat lubang sedalam 5 cm hingga 10 cm.

Kemudian semai benihnya atau jika menggunakan benih rumput gajah yang sudah menjadi peniti, potong terlebih dahulu menjadi kecil-kecil menggunakan mesin pencacah rumput, kira-kira 5 x 5 cm. Untuk benih yang sudah jadi, tinggal ditempelkan ke akar tanaman. Buatlah agar semua akarnya tertutup tanah. Tekan perlahan dengan tangan Anda untuk membuat akar dan tanah saling menempel.

Pola terbaik untuk menumbuhkan rumput ini adalah pola zig-zag agar bentuk akhirnya sempurna.

3. Pemeliharaan Menanam Rumput Gajah Mini

  1. Jangan lupa untuk selalu menyiramnya pada pagi dan sore hari. Tanaman ini merupakan jenis yang membutuhkan air dalam jumlah yang banyak.
  2. Cobalah untuk menanamnya di tempat yang cerah.
  3. Jauhkan halaman dari hewan seperti ayam, yang biasanya mengganggu pertumbuhan gulma.
  4. Jangan langsung menginjak halaman rumput, staples bisa memberikan beberapa pilihan agar pejalan kaki tidak langsung berguling-guling di halaman.
  5. Saat kamu melihat tanaman parasit menempel di halaman, jangan ragu untuk mencabutnya hingga ke akarnya. Tanaman parasit dapat menyerap nutrisi dari rumput gajah, sehingga rumput yang kamu tanam tidak bisa tumbuh subur.
  6. Jika sudah lama dan sudah mulai panjang kamu bisa merapikan dengan mesin pencacah rumput agar kelihatan lebih bagus.

Nah, cukup sekian tutorial cara menanam rumput gajah mini pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *