Cara Membuat Nasi Bakar Cumi Asin yang Enak dan Gurih

Hallo semua,gimana kabar kalian semua?semoga selalu sehat ya,pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat nasi bakar cumi asin yang enak dan gurih.

Cumi

Baca juga : Resep Nasi Bakar Cumi Pedas Yang Enak dan Mudah

Cumi-cumi merupakan salah satu produk perikanan yang ekonomis dan banyak diminati di pasaran khususnya di pasar Asia. Cumi-cumi banyak dipasarkan di negara-negara seperti Jepang, Korea, Taiwan, dan Filipina.Nah lho, manfaat cumi-cumi sangat beragam dan menguntungkan.

Cumi-cumi ( gurita ) adalah makhluk laut cephalopoda atau kepala kaki yang berbagi dengan gurita ( gurita ) dan cumi-cumi ( cumi ). Cumi-cumi memiliki sistem saraf pusat di kepalanya yang menyerupai otak dan memiliki tentakel atau lengan untuk menangkap mangsa dan bergerak.


Cumi-cumi memiliki tinta sebagai bentuk perlindungan dari mangsa.
Ketika cumi-cumi merasa dalam bahaya, ia menyemprotkan tinta dari tubuhnya “ ujung pena ” untuk menghindari pemangsa. & nbsp;

Potensi gurita ini cukup besar mengingat tren nutrisi dunia bergerak menuju pola makan (diet) sehat. Cumi-cumi mengandung asam lemak tak jenuh seperti EPA dan DHA yang dipercaya dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, stroke, dan penyakit jantung.

Cumi memiliki khasiat yang berbeda-beda, mulai dari isi daging hingga isi tintanya. Daging cumi memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak. Cumi tidak memiliki tulang punggung, mudah dicerna, memiliki rasa dan bau yang khas, serta mengandung semua jenis asam amino esensial seperti leusin, lisin dan fenilalanin yang dibutuhkan tubuh.& Nbsp;

Manfaat Cumi

Sumber Protein

Manfaat cumi-cumi bagi kesehatan yang pertama adalah sumber proteinnya, yang berguna untuk membangun otot. Anda bisa mendapatkan 16 gram protein dalam 100 gram cumi.

Ini telah menutupi hingga 30 persen dari kebutuhan protein harian pria dewasa. Anda bisa membangun otot yang sehat dengan mengonsumsi cumi secara teratur, namun dengan porsi yang tepat dan tidak terlalu banyak.

Selain itu, protein yang terkandung dalam cumi juga baik untuk program diet. Asupan protein dapat mengontrol nafsu makan seseorang karena protein diproses secara perlahan di dalam tubuh, yang membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Cumi-cumi sangat cocok dijadikan menu diet karena tidak mengandung karbohidrat.

Sumber Vitamin dan Mineral Harian

Manfaat cumi untuk kesehatan selanjutnya sebagai penyuplai kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh. Setiap 100 gram sotong mengandung setidaknya 10 g vitamin A, 56 g vitamin B6, 1,3 g vitamin B12, 4,7 mg vitamin C dan 1,2 mg vitamin E.

Selain itu, kandungan mineral yang bisa didapatkan antara lain 32 mg kalsium, 680 mcg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium per 100 gram cumi. Vitamin dan mineral ini berperan penting dalam perkembangan tubuh.

Jadi, Anda bisa mengonsumsi cumi secara rutin untuk memanfaatkan berbagai manfaat kesehatannya. Namun, berhati-hatilah untuk tidak melakukannya terlalu sering atau terlalu sering karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan di kemudian hari.4 dari 6 halaman

Rendah Kalori

Selain menjadi sumber vitamin dan mineral harian, cumi-cumi juga merupakan makanan rendah kalori. Setiap 100 gram cumi hanya mengandung sekitar 75-85 kkal kalori.

Namun, cumi-cumi memiliki lebih banyak kalori jika Anda memasaknya dengan cara digoreng. Jadi, berhati-hatilah saat menyiapkan cumi agar cumi yang Anda konsumsi jauh lebih sehat.

Kandungan Merkuri Rendah

Kita semua tahu bahwa banyak berita makanan laut dikhawatirkan mengandung bahaya tersembunyi dari merkuri. Selain itu, kandungan merkuri ini memiliki efek berbahaya

Cara Membuat Nasi Bakar Cumi Asin

Bahan Utama :

  • 500 gram nasi putih
  • 200 gram cumi asin, rendam dalam air hangat
  • 50 gram teri medan asin (rendam dalam air hangat dan goreng)
  • 50 gram petai, potong jadi dua bagian
  • 10 cabai rawit utuh (opsional)
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai
  • Daun Kemangi secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus :

  • 10 cabai merah keriting
  • 8 bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 8 cabai rawit
  • 1 buah tomat merah sedang
  • Terasi secukupnya

Cara Membuat Nasi Bakar Cumi Asin Pedas :

  1. Blender semua bahan bumbu halus. Kemudian, panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma. Lalu tambahkan daun jeruk, batang serai yang sudah digeprek, gula pasir, garam, dan lada secukupnya.
  2.  Selanjutnya, masukkan cumi asin, petai, dan cabai rawit ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga tercampur rata dan masak hingga matang.
  3. Setelah itu, tambahkan nasi putih, aduk hingga merata. Kemudian, tambahkan daun kemangi dan ikan teri medan yang sudah digoreng sebelumnya. Aduk kembali hingga tercampur rata dan koreksi rasanya.
  4. Jika rasa nasi bakar sudah sesuai selera, matikan api. Lalu siapkan daun pisang, dan tata nasi. Bungkus nasi dengan rapi lalu panggang hingga daun terlihat sedikit kehitaman.
  5. Sajikan.

Nah itulah cara membuat nasi bakar cumi asin pedas yang enak dan gurih,cukup mudah untuk dibuat sendiri dirumah,bahan-bahannya juga gampang didapatkan serta terjamin kesehatannya.



Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *