Selamat datang di artikel buatan saya, pada artikel kali ini saya akan meberikan cara lagi atau resep lagi yaitu resep membuat sale pisang basah yang tentunya mudah untuk dibuat.

Sale Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya vitamin dan memiliki banyak manfaat. Walaupun mengandung vitamin dan protein tinggi, namun pisang mudah busuk. Untuk mencegah pembusukan dapat dilakukan pengolahan, misalnya dalam bentuk keripik, dodol, sale, minuman anggur, dan lain-lain.

Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas. Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungku).

Manfaat Sale Pisang

1. Sumber energi dan mampu meningkatkan stamina

Tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum Anda berolahraga. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lipat lebih banyak.

Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar ketika beraktivitas dan berolahraga. Plus, makan pisang juga dapat membantu otot-otot Anda bergerak dengan baik.

2. Melancarkan pencernaan dan metabolisme

Pisang matang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa-sisa tubuh dari proses metabolisme. Salah satu manfaat buah pisang bagi pencernaan ialah membantu meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit, berkat seratnya. Ditambah lagi, makan pisang akan meringankan kerja ginjal dalam membersihkan darah.

Sementara pisang yang belum matang merupakan sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang ada di usus besar. Mengonsumsinya bisa membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran cerna Anda.

3. Mendukung program diet

Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

Karena indeks glikemik-nya juga terbilang rendah, karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis dan tiba-tiba.

Makanan tinggi serat bisa memperlambat proses pencernaan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Hasilnya, berat badan Anda pun bisa berangsur-angsur turun.

Cara atau Resep Membuat Sale Pisang Basah

Resep Membuat Sale Pisang Basah sebenarnya sangatlah mudah, berikut ini caranya.

1. Resep Membuat Sale Pisang Basah

Bahan-bahan

  • 2 sisir pisang (apa saja)
  • bahan basah :
  • secukupnya air matang
  • sedikit garam
  • 2 sdm terigu serbaguna
  • 1 sdm gula pasir

Langkah-langkah

  1. Iris pisang tipis”,lalu susun dalam nampan dan jemur dibawah sinar matahari +/- 4-5 hr tergantung cuaca. Jgn lupa pisangnya dibolak balik supaya keringnya merata.
  2. Klo sdh kering siap digoreng. Campur semua bahan basah, untuk air dikira” az y bun jgn terlalu encer jgn jg terlalu kental.
  3. Celupkan pisang kering kedlm adonan basah lalu goreng hingga kecoklatan. Tiriskan dan biarkan dingin baru simpan dalam wadah kedap udara.. Sajikan dan selamat mencoba 

Baca juga : ” Cara Membuat Sale Pisang Renyah Tahan Lama”

2. Resep Membuat Sale Pisang Basah

Bahan-bahan

  • 2 pisang tanduk matang
  • 3 sdm tepung beras
  • 3 sdm tepung terigu segitiga
  • Secukupnya air

Langkah-langkah

  1. Kupas pisang, aku pakai parutan kupas kulit jadi langsung tipis. Atau potong” lalu pipihkan dengan rolling pin. Jemur hingga kering, setiap pagi di balik.
  2. Campur bahan tepung, aduk rata. Tambahkan air secukupnya tidak terlalu kental dan tidak cair. Rendam pisang dan tipiskan adonan (jangan terlalu tebal). Goreng hingga matang.

Nah itulah resep yang dapat saya bagikan, selamat mencoba.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *