Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat pakan fermentasi kambing kering yang bisa kalian manfaatkan untuk menjaga ketersediaan pakan.

Salah satu kendala dalam pengembangan kambing dan domba adalah ketersediaan pakan terutama pada musim kemarau.

Oleh karena itu, diperlukan suatu terobosan untuk mengatasi masalah pemberian pakan. Salah satu upaya inovatif tersebut adalah penggunaan teknologi fermentasi.

Dengan fermentasi, kita bisa mendapatkan keuntungan dari hasil samping tanaman pangan dan perkebunan yang masih tersedia dalam jumlah banyak di sekitar kita.

Selain itu, hijauan hijauan yang melimpah pada musim hujan dapat difermentasi sebagai suplai makanan, apalagi jika hijauan berkurang pada musim kemarau.

Pakan Kambing Fermentasi Kering

Pakan Kambing Fermentasi Kering

Peternakan kambing merupakan pekerjaan sampingan yang masih banyak dijumpai di banyak desa, namun semakin banyak masyarakat yang mulai memelihara kambing sebagai kegiatan utama mereka.

Karena permintaan kambing yang terus meningkat, hal ini menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Kambing gemuk dan sehat harus banyak dicari oleh peternak, karena kambing gemuk dan sehat juga akan menaikkan harga pasar.

Namun, masih banyak peternak kambing yang diberi pakan sementara atau rumput saja. Hal ini tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan ternak yang kurang optimal.

Pakan ternak fermentasi muncul dari kebutuhan pakan ternak. Makanan fermentasi ini memiliki banyak manfaat dan kelebihan, yaitu menghemat waktu mencari rumput.

Dikarenakan makanan fermentasi ini dapat disimpan dan dapat dibuat dalam jumlah banyak sehingga petani tidak perlu mencari rumput setiap hari.

Selain itu, cara membuat makanan fermentasi tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Kering

Berikut ini adalah cara membuat pakan kambing fermentasi kering beserta bahan dan alat yang dibutuhkan.

Bahan dan alat yang dibutuhkan :

  • Jerami yang sudah kering (sekitar 1000 kg),
  • 20 – 25 liter larutan gula/molase,
  • 1 botol pribiotik,
  • 250 – 300 Liter air,
  • 30 kg dedak/bekatul.
  • Wadah seperti tong atau ember.

Cara pembuatan :

  1. Yang pertama adalah menyediakan tempat yang cocok untuk fermentasi kemudian mencacah bahan pakan dengan ukuran 5 cm. Disarankan menggunakan mesin, yaitu mesin pencacah rumput atau alat untuk mendapatkan hasil maksimal dari potongan Anda.
  2. Kemudian larutkan gula/tetes tebu dan pribiotik, lalu buat terpal, lalu letakkan potongan jerami di atas terpal setebal 15-20 cm dan olesi dengan dedak selapis tipis dan rendam dengan larutan gula dan pribiotik sampai didistribusikan secara merata. dan jerami terlihat basah.
  3. Setelah sedotan rata, letakkan di wadah yang sudah disiapkan dan kompres dengan cara diinjak. Tutupi bahan makanan secara merata dan usahakan agar benar-benar kedap udara.
  4. Tunggu 14 hari dan jerami siap dikirim ke kambing sesuai perkiraan dan kebutuhan.

Keunggulan dan Keuntungan Pakan Fermentasi

Pemberian pakan fermentasi pada ternak memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan nafsu makan sehingga penggemukan lebih cepat.
  • Memperbaiki proses pencernaan Lebih kebal terhadap penyakit
  • Meningkatkan produksi susu Membuat susu dan daging kambing kurang kering
  • Mengurangi bau feses dan urin, juga ebih sedikit feses karena pakan dicerna dengan benar

Nah, itu tadi adalah cara membuat pakan kambing fermentasi kering dan juga keunggulannya. Diharapkan bisa bermanfaat bagi peternak kambing diluar sana dan bisa diaplikasikan ke peternakkan masing – masing.

Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk artikel “Pakan Kambing Fermentasi Kering dan Keunggulannya”, jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya, bye – bye!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *