Halo teman – teman semuanya! Untuk pembahasan pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat mie telur gulung.

Karena pembuatan mie telur gulung ini tidak terlalu sulit dan bahan – bahannya juga terjangkau, kalian bisa langsung mempraktekkannya sambil membaca resep dibawah ini.

Cara Membuat Mie Telur Gulung

Mie Telur Gulung

Telur gulung merupakan jajanan yang tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Jajanan yang satu ini sudah ada sejak Orde Baru. Namun popularitasnya kembali meningkat belakangan ini. Gulungan telur telah dimodifikasi dari waktu ke waktu, yang mengarah ke variasi baru yang lebih modern.

Variasi yang paling populer adalah telur gulung, telur gulung mozzarella, dan mie. Telur gulung biasanya disajikan dengan sambal, bubuk bumbu, atau dimakan tanpa tambahan.

Mie Telur Gulung adalah salah satu variasi dari telur gulung. Varian ini merupakan salah satu yang paling populer di Indonesia. Camilan ini dibuat dengan mie yang dililitkan di tusuk sate lalu di atasnya diberi telur gulung.

Banyak orang menyukai jajanan ini karena kebanyakan orang Indonesia menyukai mie. Jika telur gulung biasa sangat populer, apalagi jika dipadukan dengan mie. Rasanya pasti asin dan lebih renyah di lidah.

Cara Membuat Mie Telur Gulung

Proses pembuatan mie telur gulung memang tergolong sederhana. Tetapi menggulung telurnya membutuhkan cara akhusus dan butuh beberapa kali percobaan.

Jika digoreng terlalu lama, adonan akan menjadi keras dan telur tidak akan bisa menggulung.

Jika terlalu cepat, telur tidak akan menempel di tusuk sate dan akan menggelinding karena adonan masih mengalir.

Tapi jangan khawatir, tiga sampai empat kali percobaan Anda pasti bisa menguasai teknik menggulung telur yang benar. Gunakan sekitar setengah dari minyak dalam wajan agar adonan menyebar dengan baik.

Sebelum beralih ke resep, kita harus menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk membuat mie gulung telur.

Perlengkapannya meliputi penggorengan untuk menggoreng adonan telur, wadah untuk meletakkan bahan, piring saji, sendok sayur atau botol saus untuk menuangkan adonan ke dalam wajan.

Dan tentu saja yang paling penting adalah tusuk sate untuk membungkus mie dan menggulungnya.

Jika sudah sanggup, Anda bisa langsung menyimak resepnya di bawah ini dan pastikan tidak ada yang terlewat.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Minyak goreng secukupnya (1/2 wajan)
  • Mi yang sudah direbus
  • Telur (4 butir)
  • Tepung terigu (1 sendok makan)
  • Air (4 sendok makan)
  • Garam (1/2 sendok teh)
  • Merica bubuk (1/8 sendok teh)
  • Mayonaise (50 gram)
  • Saus sambal (2 sendok makan)
  • Tusuk sate (10 buah)

Cara membuat :

  1. Siapkan mie, tambahkan garam dan merica, lalu bungkus mie dengan tusuk sate dan lakukan ini sampai mie keluar. Pastikan mie terbungkus rapat, jika tidak mie bisa lepas saat dibungkus dan membuat pembungkusnya sulit.
  2. Jika mie gulung ke samping, sekarang siapkan mangkuk, pecahkan 3 telur di mangkuk dan kocok telur secara merata, tambahkan garam dan merica bubuk dan kocok lagi jika sudah menambahkan tepung dan air, lalu aduk rata.
  3. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang agar adonan tidak gosong saat menggoreng, lalu tuang adonan ke tengah wajan agar rata.
  4. Setelah adonan matang, ambil garam yang melilitkan mie lalu gulingkan di pinggir wajan hingga tertutup sempurna.
  5. Ulangi langkah 3 dan 4 sampai semuanya habis dan tiriskan.
  6. Sajikan di piring saji dengan saus dan mie gulung telur.

Nah, itu tadi adalah cara membuat mie telur gulung yang gurih dan gampang diikuti, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya, ciao!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *