Sohib-sohib sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat cakwe manis goreng yang enak dan ga kalah dengan yang lain.

Selain itu, sohib-sohib sekalian juga dapat mengikutinya di rumah, karena tahapnya sederhana dan mudah untuk dibagikan serta dipraktikan.

Eitsss, tetapi sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara membuat cakwe manis goreng saya ingin sedikit bercerita tentang kue manis ini,

Hal itu dimaksudkan agar bisa lebih mengetahui serta mempelajari lebih dalam tentang cakwe manis ini.

Langsung saja, tanpa perlu lagi ada kata serta basa-basi lagi, berikut ini pembahasan tentang cakwe goreng.

Cakwe Goreng

cara membuat cakwe manis goreng

Cakwe ini yakni jajanan yang berasal dari China, jajanan cakwe dulunya dijadikan sebagai bentuk anti pemerintah (pemerintah).

Mereka para kalangan masyarakat masih banyak yang tidak menerima keputusan Dinasti Song untuk mengeksekusi mati Jenderal Yue Fei.

Masyarakat luas berpikir pada saat itu Perdana Menteri Qin Hui telah menjadikan tuduhan palsu sebagai alasan yang mengakibatkan Jenderal Yue Fei sampai dijatuhi hukuman mati.

Yue Fei yakni salah seorang jenderal yang sangat dihormati di antara orang-orang karena banyak perbuatan dan jasanya yang diberikan untuk masyarakat luas.

Sebenarnya masih banyak lagi nama dan nama jajanan cakwe ini di berbagai tempat dan negara.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan pada zaman dulu banyak orang dari China yang bekerja di luar negeri serta berdagang ke berbagai negara sekaligus memperkenal dan menyebarluaskan budayanya.

Di tanah kelahirannya yakni negara China atau Tiongkok, kue ini dikenal dengan nama You Tiao serta disajikan bersamaan dengan bubur panas.

Berbeda dengan di negara kita ini, cakwe sendiri sering disajikan dengan jus ataupun selai kacang. Selain itu, di beberapa tempat di Indonesia tidak sedikit orang menyajikan cakwe bersamaan dengan susu kedelai.

Informasi Unik Tentang Cakwe

Setelah tadi saya sudah memperkenalkan cakwe kepada kalian, sekarang dari sini saya akan menceritakan beberapa fakta unik tentang cakwe.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata serta banyak basa-basi, berikut pembahasan mengenai informasi unik tentang cakwe.

Cakwe Punya Cerita Yang Kelam

Memang dari informasi sebelumnya, cakwe ini bisa dikatakan memiliki sejarah yang dapat dikatakan lumayan kelam.

Makanan cakwe pada awal mula terciptanya memiliki tujuan untuk dijadikan sebagai simbol masyarakat luas sebagai aksi dan bentuk protes terhadap (pemerintah atau kekaisaran) yang berkuasa saat itu.

Cakwe Sudah Menjadi Makanan Favorit Masyarakat Tionghoa

Di tempat asalnya atau daerah asalnya, makanan ini dijadikan salah satu menu sarapan favoritnya dari berbagai hidangan lain.

Masyarakat disana menggabungkan makanan ini bersamaan dengan bubur panas. Selain itu juga, tak sedikit dari masyarakat disana yang langsung mengolesi cakwe bersamaan dengan minyak cabai.

Cara Membuat Cakwe Goreng Manis

cara membuat cakwe manis goreng

Makanan camilan atau jajanan cakwe yang enak ini memiliki nama lain yaitu roti bantal atau roti bolang-baling. Bahan serta tahapan pembuatan kue manis ini dapat dibilang mirip dengan yang biasa.

Perbedaannya dapat terlihat disaat menggoreng, karena rasa manisnya berasal dari kandungan gula, jika tidak diolah dengan waspada bisa-bisa kandungan gula pada tepungnya menjadi hancur.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata serta banyak basa-basi, berikut cara membuat kue cakwe goreng sederhana dengan rasa yang manis.

Bahan-bahan:

Bahan 1:

1/2 sdt kelapa
1/2 sdt krim
35 ml air
25 gram tepung terigu (protein tinggi dengan merk apapun)

Bahan 2:

1/2 sdt susu bubuk (merk apapun)
1/2 sdt mentega (merk apapun)
1 telur
50 ml air (hangat atau panas)
80 gram tebu
125 gram tepung terigu (protein tinggi dengan merk apapun)

Bahan 3:

1/4 sdt garam
1/4 sdt bubuk amoniak
1 sdt baking powder
100 ml air
80 gram gula tebu
275 gram tepung terigu (protein tinggi merk apapun)

Tambahan Lainnya :

Minyak goreng
Wijen
Tepung (untuk ditabur nanti)

Tahapan Langkah Pembuatan:

  1. Pertama sohib-sohib sekalian bisa melakukan pencampuran bahan 1 serta mendiamkannya selama sekitar 10 menit.
  2. Kemudian, kalian bisa lanjuti dengan mencampurkan semua bahan tadi serta juga mengaduk hingga semuanya tercampur dengan merata.
  3. Kemudian kalian bisa menyiapkan gula pasir, soda kue, bubuk amoniak, air, serta garam yang berasal dari list bahan 3.
  4. Setelah itu, kalian bisa lanjutkan dengan cara menambahkan tepung terigu, kemudian kalian masukkan campuran bahan 2 dan 3 secara bersamaan, kemudian diamkan adonannya tepung selama 3 jam kurang lebih.
  5. Kemudian, kalian bisa melanjutkan dengan menyiapkan tepung terigu, dan lanjutkan dengan menaburkannya di atas meja, dilanjutkan dengan menggulung dan menggiling tepung hingga ketebalan 0,5 cm cm.
  6. Setelah digiling adonan tadi, Tepung yang sudah digiling dipotong menjadi 6 × 6 cm, dan dilanjuti dengan menaburi biji wijen di sekitarnya.
  7. Kemudian, sohib-sohib sekalian bisa menggorengnya dalam minyak panas yang banyak, sampai adonannya tenggelam, jangan lupa untuk menggunakan api kecil.
  8. Jika sekiranya sudah matang adonannya, sohib-sohib sekalian bisa angkat serta menyajikan cakwenya!.

Itulah artikel mengenai cara membuat cakwe goreng manis, saya mengharapkan artikel kali ini bisa bermanfaat bagi sohib-sohib sekalian yang membaca artikel ini.

Selain itu, kalian juga jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya yang ada di website ini ya!, see u guys at another chance !.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *