Khasiat Minyak Kelapa untuk Wajah

Apa yang Anda pikirkan bila mendengar kata minyak kelapa? Menggoreng makanan? Ya memang minyak kelapa kerap digunakan untuk menggoreng. Selain itu minyak kelapa juga mempunyai khasiat lain contohnya khasiat minyak kelapa untuk wajah yang akan kita bahas di artikel ini.

Minyak kelapa adalah jenis minyak sangat jenuh yang didapat dengan mengekstrak minyak dari sebuah buah kelapa kering. Minyak kelapa dapat “membeku” pada suhu ruang sehingga perlu dipanaskan jika ingin digunakan.

65% dari komposisi minyak kelapa terbuat dari asam lemak rantai menengah yang adalah bentuk dari lemak jenuh. Kandungan asam lemak tersebut dipercayai membuat minyak kelapa berkhasiat untuk kesehatan kulit.

Menurut suatu penelitian dibuktikan bahwa minyak kelapa efektif menetralisir radikal bebas serta mencegah oksidasi sehingga bisa membersihkan sel yang menjadi penyebab peradangan kulit.

Untuk itulah, Anda perlu menggunakan minyak kelapa supaya bisa merasakan manfaatnya apalagi minyak kelapa memiliki kandungan polifenol serta antioksidan di kandungannya.

Kandungan di dalam minyak kelapa ini membuatnya sangat bermanfaat contohnya manfaat minyak klentik untuk ibu hamil. Minyak kelapa dapat menambah nutrisi selama kehamilan.

Selain untuk perawatan tubuh manusia, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk perawatan ayam seperti untuk mengobati ayam yang terluka, mengatasi iritasi serta mempergagah penampilan ayam.

Khasiat Minyak Kelapa untuk Wajah

manfaat minyak klentik untuk wajah
1. Melembapkan Kulit Kering

Berasal dari suatu studi penelitian diikuti oleh pasien yang memiliki kulit kering sampai sedang untuk membandingkan efek diantara minyak mineral dan kelapa.

Hasil yang di dapat dengan dilakukannya penelitian tersebut adalah dibuktikan jika minyak kelapa mempunyai kefektifan untuk meningkatkan hidrasi kulit yang sama dibandingkan dengan minyak mineral.

Apabila Anda menggunakannya di malam hari maka minyak kelapa akan menjaga kelembapan serta hidrasi kulit semalaman. Minyak kelapa juga terbukti membantu menyembuhkan eksim.

2. Mengobati Jerawat

Jerawat adalah peradangan yang disebabkan dari bakteri serta penumpukan kulit mati yang berlebih.

Asam lemak rantai menengah mengandung antibakteri yang terkandung di dalam minyak kelapa. Kandungan tersebut bisa meredakan jerawat yang meradang. Asam laurat dalam minyak kelapa bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain asam laurat terdapat juga capric acid sebagai antibakteri serta antiradang. Kedua kandungan ini bisa mengurangi serta mencegah peradangan jerawat dengan membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

3. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa ternyata bisa meningkatkan produksi kolagen.

Anda bisa mencegah tanda penuaan contohnya garis halus serta keriput dengan meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh karena kolagen dapat menjaga kekenyalan kulit tubuh.

4. Mengurangi Peradangan 

Selain mengatasi jerawat, minyak kelapa juga bisa mengurangi peradangan kronis seperti eksim, psoriasis, dermatitis serta kontak.

Menurut sebuah penelitian dikatakan jika minyak kelapa tidak hanya memiliki efek anti-radang tapi juga menghilangkan rasa nyeri. Digadang-gadang juga bahwa minyak kelapa meredakan peradangan dengan meningkatan kadar antioksidan.

5. Membunuh Mikroorganisme Berbahaya pada Kulit

Asam lemak rantai menengah yang terdapat di dalam minyak kelapa berguna sebagai anti-mikroba sehingga bisa melindungi kulit wajah dari paparan mikroorganisme yang berbahaya.

Bakteri atau jamur dari mikroba ini bisa menyebabkan banyak masalah kulit seperti folikulitis, athlete foot, selulitis serta masalah umum seperti jerawat.

6. Membantu Penyembuhan Luka

Minyak kelapa bisa membantu menyembuhkan luka dengan kandungan di dalamnya. Kandungan minyak kelapa mempunyai sifat antimikroba yang bisa mencegah timbulnya infeksi.

Penggunaan kelapa sebagai mengobati luka tersebut bekerja dengan meningkatkan antioksidan, serta juga meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga bisa membantu penyembuhan luka.

Efek Samping Penggunaan Minyak Kelapa

1. Menyumbat Pori-Pori

Minyak kelapa mempunyai sifat comedogenic yaitu rentan menyumbat pori-pori. Saat pori-pori wajah tersumbat maka akan timbul masalah jerawat apalagi untuk sesorang yang memiliki kulit wajah berminyak serta rentan terkena jerawat.

Oleh karena itulah penggunaan minyak kelapa untuk wajah bagi orang yang memiliki kulit berminyak sangat tidak direkomendasikan karena bisa membuat pori-pori tersumbat dan akan menimbulkan masalah kulit lainnya.

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang berminyak, Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk bagian tubuh lain seperti tangan, tumit, kaki serta siku.

2. Meninggalkan Residu

Jika Anda menggunakan minyak kelapa menjadi pembersih make up, kemungkinan akan ada residu yang tertinggal di wajah, terlebih produk tersebut adalah produk minyak yang sedikit susah dibersihkan.

Lapisan minyak yang tersisa di wajah dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga bisa menyebabkan masalah kulit lainnya.

3. Reaksi Alergi

Minyak kelapa bisa memberi efek samping berupa reaksi alergi jika Anda mempunyai riwayat alergi pada produk olahan kelapa. Sebagian orang yang mempunyai reaksi alergi terhadap hazelnut dan walnut kemungkinan memiliki alergi pada minyak kelapa yang berasal dari buah kelapa.

Oleh karena itulah untuk orang yang memiliki reaksi alergi terhadap bermacam produk tersebut tidak direkomendasikan untuk menggunakan atau mengkonsumsi minyak kelapa.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga berguna bagi yang membaca. Sekian dan terima kasih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *