Banyak orang yang mengincar cara membuat kembang gula kelapa. Karena ini banyak sekali menjadi favorit di kalangan anak-anak bahkan hingga orang dewasa sekalipun. Apalagi rasanya yang manis ini membuat lidah kita ingin cepat-cepat mencicipinya.Kali ini kembang gulanya menggunakan bahan dasar kelapa.

Kembang Gula Kelapa

Gula kelapa muda ini merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari masyarakat karena rasanya yang manis dan enak. Jajanan ini merupakan jajanan pasar dengan rasa manis yang khas. Bentuk kembang gula kelapa muda ini berupa bunga yang sangat indah dan unik.

Jajanan kelapa ini memang termasuk jenis jajanan yang sudah tidak banyak diproduksi lagi, karena jajanan ini sudah tergerus oleh banyaknya makanan modern yang bermunculan. Sangat simple dan lugas dalam membuat snack kelapa muda ini, sangat simple juga dengan bahan-bahan yang menyusun bisnis ini.

Produk manisan kelapa muda ini siap membuat kesepakatan untuk menarik minat masyarakat terhadap manisan kelapa muda ini sebagai camilan yang enak dan manis. Tentunya akan banyak yang suka dengan penyajian permen kelapa muda yang enak dan manis.

Tentu saja, tidak ada yang akan melewatkan jenis camilan yang hampir jarang ini. Mencoba menjalankan bisnis ini tentunya tidak menjadi masalah karena modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sangat kecil bahkan anda yang bermodal kecil pun bisa mencoba membuka usaha yang satu ini.

Peluang usaha permen kelapa muda ini bisa jadi pilihan yang tepat karena cukup menguntungkan.

Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat pada daging kelapa tidak hanya bermanfaat untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus.

Selain itu, minyak atau lemak yang terkandung dalam daging kelapa membantu menjaga kesehatan usus dengan mendukung penyerapan vitamin A, D, E dan K serta mencegah tumbuhnya jamur infeksi di saluran pencernaan.

Tidak berhenti sampai disitu, senyawa medium-chain triglyceride (MCT) pada daging kelapa juga dikatakan bermanfaat untuk meningkatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Perlu diperhatikan bahwa keberadaan bakteri baik ini sangat penting dalam melindungi sistem pencernaan dari peradangan dan sindrom metabolik.

Untuk itulah, makan daging kelapa untuk buka puasa sangat dianjurkan.

2. Meningkatkan Stamina

Mangan dan antioksidan yang ditemukan dalam daging kelapa dipercaya dapat mengurangi peradangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, senyawa MCT yang terdapat di dalam daging kelapa juga cukup berperan sebagai , antivirus,antijamur dan juga penghambat perkembangan tumor.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang manfaat daging kelapa dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Meski begitu, daging kelapa masih memiliki banyak khasiat yang baik dan enak disantap sebagai santapan berbuka puasa.

3. Cocok Untuk Nutrisi

Salah satu manfaat yang ada di dalam daging kelapa adalah bisa membantu menurunkan pada berat badan. Hal inidikare nakan senyawa MCT dan juga serat yang terdapat pada daging kelapa dapat membuat Anda akanĀ  merasa kenyag lebih lama sehingga tidak ingin makan yang begitu berlebihan.

Manfaat ini tentunya baik untuk orang yang sedang diet atau yang ingin menurunkan berat badan selama bulan puasa ini.

4. Mendukung Fungsi Otak

Lagi-lagi senyawa MCT dalam daging kelapa memiliki manfaat lain. Kali ini, manfaat senyawa tersebut adalah untuk membantu fungsi otak. Oleh karena itu, baik untuk penderita gangguan memori dan otak seperti Alzheimer. Ini karena senyawa MCT bisa menjadi “bahan bakar” alternatif glukosa dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Lemak dalam daging kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Secara tidak langsung, manfaat daging kelapa dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, daging kelapa juga memiliki rantai lemak yang pendek sehingga tidak dapat menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Kaya Akan Mineral

Daging kelapa mengandung berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Padahal, kandungan mineral dalam daging kelapa juga bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan mineral harian. Berbagai jenis mineral yang ditemukan dalam daging kelapa adalah mangan, tembaga, dan kalium.

7. Kontrol Kadar Gula Darah

Meski diperlukan lebih banyak penelitian, manfaat daging kelapa lainnya mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun manfaat ini hanya bisa diraih jika diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti: B. melalui pola makan yang seimbang, bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup dan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Untuk memudahkan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan, cukup mendownload aplikasi Halodoc dan menggunakannya untuk memesan layanan pemeriksaan laboratorium yang bisa dilakukan di rumah. Jika muncul masalah kesehatan lainnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Halodoc untuk mengobrol dengan dokter kapan pun, di mana pun.

Bahkan kelapa tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja. Tetapi bisa di manfaatkan sebagai peralatan. Contohnya saja cocomesh jaring sabut kelapa yang banyak dijual di sekitaran kita.

Cara Membuat Kembang Gula Kelapa

Bahan-bahan :

  • 1 buah kelapa yang tidak terlalu tua
  • 100 ml air
  • 200 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Vanilla
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat Kembang Gula Kelapa :

  1. Kikis kelapa, jangan pergi dengan cangkangnya. Menyisihkan
  2. Larutkan gula dan air hingga airnya mendidih. Tambahkan garam, vanila.
  3. Masukkan kelapa yang telah dihancurkan. Masak dengan api kecil sampai air gula habis
  4. Jika ingin membuat warna yang berbeda, segera pisahkan buah kelapa menjadi beberapa bagian, tergantung banyaknya warna yang diinginkan. Lalu tambahkan pewarna makanan. Aduk segera sampai semuanya tercampur.
  5. Matikan apinya. Segera bentuk adonan kelapa dengan sendok di atas loyang yang sudah diolesi minyak zaitun atau minyak goreng.
  6. Keringkan adonan dengan cara dijemur atau dijemur atau dijemur dengan api kecil
  7. TIPS 1: Alat untuk memotong atau merajang kelapa bisa serupa dengan yang ada pada gambar di bawah ini. Jika Anda menginginkan bentuk yang kecil seperti pada gambar, gunakan alat kikis yang biasa digunakan oleh penjual es krim.
  8. Jika ingin tumbuh lebih besar, Anda bisa menggunakan alat pengupas kentang atau wortel seperti pada gambar. Dan tentunya kelapa harus dikeluarkan terlebih dahulu dari cangkang dan cangkangnya yang keras
  9. TIPS 2: Jika Anda ingin membuat bentuk seperti bulatan-bulatan kecil, Anda harus segera membentuknya dengan sendok agar kembang gula tidak mudah rusak.
  10. TIPS 3: Jika Anda lebih suka kelapa tidak diikat daripada berbentuk bulat, kelapa harus diaduk terus-menerus sampai mendingin dan dipisahkan.
  11. TIPS 4: harus menggunakan api sedang dan cenderung kecil serta terus diaduk agar tidak gosong
  12. TIPS. 5: Taburi dengan icing sugar dalam gelas untuk mempermanisnya.
  13. Semoga berhasil

Demikian merupakan artikel cara membuat kembang gula kelapa. Semoga dapat bermanfaat dan membantu untuk kalian semua. Selamat mencobanya di rumah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *