Halo teman – teman! Pada artikel ini saya akan membagikan tips bagaimana cara membuat kerupuk amplang dengan mudah rasanya di jamin bikin ketagihan.

Pecinta kerupuk pasti tau sama yang namanya Amplang. Amplang merupakan kerupuk yang di buat dengan menggunakan bahan dasar Ikan tenggiri. Tetapi pada saat ini banyak sekali yang mengkreasikan kerupuk amplang dengan mengganti bahan utamanya seperti mengganti ikan tenggiri menggunakan udang, ikan bandeng, dan lain sebagainya.

Di Indonesia kerupuk merupakan camilan atau makanan ringan yang sangat disukai dan di gemari hampir semua golongan masyarakat.

Tidak heran jika Kerupuk memiliki peluang usaha yang sangat menjanjikan, untuk lebih jelas lagi anda bisa membaca analisis usahanya pada aratikel cara membuat amplang.

Untuk alat produksinya sendiri anda tidak perlu khawatir karena alat alat yang di butuhkan bisa anda dapatkan dari website rumahmesin.com.

Pada website tersebut anda bisa mendapatkan mesin berkualitas bagus dengan harga yang aman di kantong.

Sebelum kita ke resep cara membuat kerupuk amplang alangkah baiknya apabila anda mengetahui cara memilih Ikan tenggiri yang baik dan juga manfaat dari ikan tenggiri. Cuss simak pembahasannya.

Cara Memilih Ikan Tenggiri Yang Baik dan Manfaat Ikan Tenggiri

Cara Memilih Ikan Tenggiri Yang Baik

Kenali Ciri-ciri Ikan Tenggiri Yang Sehat

Saat anda akan membeli ikan tenggiri, pastikan ikan tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Warna kulit dari ikan tenggiri tersebut cerah, terang serta berkilau.
  • Daging dari ikan tenggiri bila ditekan akan terasa keras.
  • Mata ikan tenggiri tersebut cenderung ke jernih dan juga cembung menonjol.
  • Pastikan sisik dari ikan masih utuh serta sedikit sisik yang terlepas.
  • Insang Ikan berwarna merah segar, serta tidak berwarna hitam.
  • Mempunyai sirip yang kuat.
  • Pada bagian perut ikan tersebut tidak mudah untuk robek baik itu bagian daging maupun kulitnya.
  • Ikan tenggiri tidak berbau busuk.
  • Lendir dari ikan tenggiri cenderung tipis dan juga tidak tebal.

Beli Di Supplier Yang Terpercaya

Jika anda membeli ikan tenggiri via offline atau secara langsung pastinya akan dengan sangat mudah untuk bisa mendapatkan Ikan Tenggiri yang berkualitas tinggi. Sebab anda bisa melihat dan memilih secara langsung bagaimana kondisi dari ikan tengiri tersebut sebelum anda melakukan pembelian.

Tetapi untuk pembelian secara online atau tidak langsung pastinya akan berbeda. Nah solusi untuk pembelian secara online yaitu dengan melakukan pembelian di supplier ikan tenggiri yang sudah terpercaya.

Pastikan Membeli Dengan Harga Standar

Pada saat Anda akan membeli ikan tenggiri, anda harus lebih dulu paham dengan harga pasaran dari ikan tenggiri itu sendiri. Jangan sampai anda tertipu dengan membeli ikan tenggiri dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ada dipasaran dari ikan tersebut atau jangan juga anda membeli Ikan tenggiri dengan harga yang sangat mahal jauh dari harga pasarannya.

Manfaat Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri adalah kerabat dekat dari ikan-ikan jenis seperti tuna, tongkol, kembung, makerel, serta madidihang. Seperti yang anda ketahui kalau pemanfaatan dari ikan tenggiri ini seringkali dikonsumsi untuk pembuatan makanan khas seperti siomay, pempek, dan juga kerupuk.

Kelezatan dari ikan tenggiri ini pun cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Di balik cita rasanya yang enak, sudahkah anda mengetahui manfaat yang terkandung di dalam Ikan Tenggiri tersebut? Simak yuk manfaat baik serta sehat yang bisa anda dapatkan dan temukan dari ikan tenggiri.

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi sebagian orang, hal itu yang membuat seseorang ragu untuk mengonsumsi berbagai jenis daging terutama daging merah. Meskipun begitu, kolesterol tidak selamanya menyeramkan selama kadar yang terkandung di dalam suatu makanan masih dalam tahap yang wajar dan juga normal.

Apabila anda takut dengan kadar kolesterol jahat akan naik, maka hindarilah untuk mengonsumsi jeroan serta beralihlah pada ikan tenggiri. Ikan yang berasal dari perairan asin ini memang sudah dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Berdampak pada kecerdasan

Banyak sekali orang yang menyarankan bagi ibu hamil maupun anak-anak untuk mengonsumsi ikan secara rutin dan teratut agar dapat meningkatkan kualitas kognitif pada tubuh. Hal tersebut memang sudah terbukti benar adanya, termasuk dengan mengonsumsi ikan tenggiri yang mempunyai kandungan omega-3 sehat yang bermanfaat untuk kecerdasan kognitif pada anak.

Memberikan kesehatan pada mata

Vitamin A adalah salah satu dari jenis vitamin yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata sebagai salah satu indra paling krusial dalam kehidupan sehari hari anda. Jika anda ingin mempunyai mata yang sehat, maka perbanyaklah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A contohnya seperti mengonsumsi ikan tenggiri.

Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi ikan tenggiri anda juga bisa dibarengi dengan mengonsumsi beberapa makanan dan sayuran lainnya yang mengandung vitamin A.

Ampuh untuk hilangkan ketombe

Selain berguna bagi kesehatan dari dalam tubuh anda, ternyata ikan tenggiri juga sangat bermanfaat loh untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat yang bisa anda dapatkan yaitu ampuh dalam menghilangkan ketombe pada rambut.

Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara menghaluskan daging ikan tenggiri terlebih dahulu, lalu mencampurkannya dengan lidah buaya halus (aloe vera) dan aduk sampai tercampur menjadi satu kesatuan. Setelah dirasa campurannya sudah cukup, gunakan campuran tersebut pada rambut anda dan tunggu kurang lebih selama 30 menit, lalu bersihkan.

Kaya vitamin

Ikan yaitu salah satu jenis dan juga sumber makanan yang mempunyai segudang manfaat bagi anda yang mengonsumsinya. Pada tubuh ikan tenggiri, terdapat beberapa vitamin yang baik contohnya seperti vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin B1 yang tentunya akan sangat baik dan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Nah udah tau kan bagaimana cara memilih ikan tenggiri yang baik dan juga manfaat dari ikan tenggiri, Langsung aja yuk ke resep cara membuat kerupuk amplang.

Cara Membuat Kerupuk Amplang

Bahan – Bahan:

  • 500 gr Daging ikan tengiri yg sudah dihaluskan
  • 1-2 kg Tepung tapioka (sagu tani)
  • 5 butir Telur
  • 40 gr Garam
  • 100 gr Gula Halus
  • 21 gr Soda kue
  • 27 gr Penyedap rasa
  • 400 ml Air
  • 4 liter Minyak goreng

Cara Pembuatan:

  1. Campur atau mixer daging ikan, Air, Penyedap rasa, garam, Soda kue, telur hingga homogen. Istirahatkan atau diamkan selama ± 15-20 menit
  2. Masukkanlah tepung tapioka sedikit demi sedikit sembari aduk hingga adonan kalis dan dapat di bentuk.
  3. Adonan kerupuk siap untuk dicetak sesuai dengan selera anda.
  4. Adonan yang sudah dicetak, bisa anda rendam pada minyak dingin selama ±30 menit
  5. Kerupuk amplang siap untuk anda goreng pada minyak panas selama ± 40″ dengan nyala api kecil dan jangan berhenti untuk mengaduk-aduk saat penggorengan supaya matang merata.
  6. Setelah amplang matang, angkat dan juga dinginkan.
  7. Anda bisa menyimpannya di toples atau wadah kedap udara yang lainnya.

Wah gampang banget kan cara pembuatannya, jangan lupa mencobanya di rumah. Semoga bisa bermanfaat dan membantu ya! Terima kasih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *