Cara Membuat Minyak Esensial Sendiri

Hai teman teman semua! Pada kali ini penulis akan membagikan informasi mengenai cara membuat minyak esensial sendiri.

cara membuat minyak esensial sendiri

Minyak esensial adalah minyak hasil ekstrak berbagai macam tumbuhan yang memiliki banyak manfaat dan menggunakan mesin yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri. Pada umumnya, minyak esensial dibuat dengan menggunakan metode penyulingan atau destilasi. Apa itu destilasi?

Destilasi adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan maupun kemudahan menguap bahan. Metode destilasi ini dibagi menjadi 3 sistem, apa aja si? Yuk simak terus, jangan sampai ketinggalan informasinya!

3 Sistem Cara Membuat Minyak Esensial

Water Distillation

cara membuat minyak esensial sendiri

System yang satu ini merupakan salah satu system yang paling baik untuk digunakan. Cara penyulingan ini dilakukan dengan cara mengalirkan uap yang bertekanan tinggi. Dan kalian perlu perhatikan bahwa harus ada 2 drum yang digunakan, yaitu drum perebusan air dan drum bahan (tanaman) yang akan dibuat.

Dan uap yang akan dihasilkan dari drum perebus air akan dialirkan menuju drum bahan. Kemudian, bahan yang akan disuling nanti ditempatkan pada bagian atas dari piringan yang berlubang di dalam drum tersebut.

Piringan ini bisa ditempatkan secara bertingkat, dan pastinya diberi jarak pada setiap tingkatannya, baik bagian atas maupun bawah. Begitu pula diantara piringan dengan alas drum juga harus diberi jarak kosongan.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menampung uap yang nantinya akan di hasilkan dari drum perebus air. Dan uap dari drum air ini akan dialirkan menuju ke drum bahan (tanaman). Bersama dengan uap, minyak bahan akan terbawa mengalir menuju pipa pendingin.

Setelah mengalami proses pendinginan, lalu campurkan air dengan minyak. Dikarenakan masa atau berat dari zat air dan minyak itu berbeda, maka kedua zat ini akan memisah dengan sendirinya. Dan dengan demikian akan mudah menghasilkan minyak yang berkualitas tinggi dapat dipindahkan dengan air.

Water And Steam Distillation

cara membuat minyak esensial sendiri

System ini lebih dikenal dengan system kukus. Proses pembuatan dengan system ini menggunakan ayakan atau saringan yang terletak beberapa cm diatas permukaan air. Dalam system ini menggunakan uap tekanan rendah dibandingkan dengan system penyulingan air. Perbedaan hanya terletak pada pemisahan bahan dan air.

Untuk penempatannya masih dalam 1 ketel, prosesnya yaitu air dimasukkan kedalam ketel hingga kurang lebih 1/3 bagian. Kemudian bahan dimasukkan kedalam ketel dan ditutup dengan rapat sampai padat. Jika air sudah mendidih, uap yang terbentuk akan melewati saringan dan juga celah celah bahan.

Kemudian minyak esensial yang ada di dalam bahan tanamannya akan ikut Bersama dengan uap panas menuju ketel pendingin. Nantinya uap dan minyak akan mengembus dan ditampung dalam tangka pemisah.

Keuntungan yang didapat jika menggunakan system penyulingan ini yaitu uap yang masuk terjadi secara merata kedalam jaringan bahan, dan juga suhu dapat dipertahankan sampai ± 100° C .

Destilasi Uap

cara membuat minyak esensial sendiri

Dalam system ini menggunakan tekanan uap yang tinggi, dimana tekanan uap yang dihasilkan akan lebih tinggi daripada tekanan udara dari luar. Kemudian, air yang digunakan sebagai sumber panas terdapat pada boiler yang terpisah.

Namun perlu diperhatikan, bahwa bahan yang cocok menggunakan system ini yaitu seperti kayu, kulit batang, biji bijian yang relative keras. Jika minyak dalam bahan diperkirakan sudah habis, maka tekanan uap diperbesar Kembali. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menyuling komponen kimia yang memiliki titik didih lebih tinggi.

Jenis Minyak Esensial Beserta Manfaatnya

cara membuat minyak esensial sendiri

Minyak basil

Minyak ini sering digunakan untuk meningkatkan konsentrasi serta meredakan beberapa gejala depresi. Selain itu, minyak esensial ini dipercaya mampu meredakan sakit kepala dan migrain. Minyak esensial ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Minyak bergamot

Minyak bergamot jika digunakan sebagai aroma terapi dipercaya dapat bermanfaat untuk saluran kemih dan saluran pencernaan. Jika dicampurkan dengan minyka kayu putih maka akan berpotensi mengentaskan masalah pada kulit yang dipicu oleh stress maupun cacar air.

Minyak lavender

minyak ini jika digunakan sebagai aroma terapi akan memberikan efek relaksasi, mengatasi migrain dan sakit kepala, serta meningkatkan kualitas tidur. Selain itu juga dapat digunakan sebagai antiseptic untuk luka yang disebabkan karena benda tajam dan luka bakar ringan.

Minyak melati

Minyak esensial berbahan dasar melati ini memiliki popularitas sebagai afrodisiak atau zat yang mampu menaikkan gairah seksual. Selain itu, minyak ini juga dapat meningkatkan gelombang beta pasa otak.

Minyak tea tree

Tea tree oil ini sudah sangat popular dalam dunia kecantikan. Minyak ini sering digunakan sebagai bahan campuran pembuatan shampoo, produk perawatan kulit, termasuk untuk mengatasi jerawat. Tea tree oil ini memiliki sifat anti miktoba, antiseptic, dan disinfektan.

Minyak esensial lemon

Minyak ini dipercaya ampuh untuk memperbaiki mood serta meringankan gejala stress dan depresi

Minyak kayu cendana

Sifat afrodisiak pada minyak kayu cendana mampu meningkatkan Hasrat seksual

Minyak rosemary

Minyak dari tanaman ini dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut serta meningkatkan daya ingat. Tak hanya itu, minyak ini juga dapat mencegah kejang otot serta mendukung system syaraf dan system peredaran darah.

Minyak geranium

Minyak geranium ini bisa digunakan untuk mengentaskan masalah kulit serta mengurangi stress. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Minyak cengkeh

Cengkeh bukan hanya digunakan untuk rempah rempah dapur, namun juga bisa diolah menjadi minyak esensial. Minyak esensial dari cengkeh ini dipercaya memiliki manfaat sebagai analgesic topical untuk Pereda nyeri pada gigi. Selain itu, minyak ini juga dikenal sebagai antispasmodic antiemetic untuk mencegah mual dan muntah, serta mencegah timbulnya gas di usus.

Peluang Usaha Minyak Esensial

cara membuat minyak esensial sendiri

Bahan baku untuk membuat minyak esensial memanglah mahal. Namun, potensi keuntungan yang didapatkan akan berlipat ganda. Modal tersebut bersifat produktif, karena digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan bisnis.

Mulai dari minya esensial, tungku pembakaran, bahan baku, mesin destilasi minyak atsiri, kemasan, dan lain sebagainya. Dan juga kalian bisa minta bantuan dari aroma terapi yang sudah tersertifikasi. Hal ini dikarenakan untuk memastikan bahwa setiap formula dan racikannya sudah benar benar aman. Nah, ini jika kamu ingin membuat brand sendiri, berbeda lagi jika kamu menjadi reseller.

Jika kamu ingin menjadi seorang reseller, yang pertama yaitu kamu harus mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Nah, setelah bergabung menjadi member, kamu akan mendapatkan diskon 24 % setiap pembelian produk minyak esensial, entah dalam bentuk paket maupun eceran.

Keuntungan yang didapat jika berbisnis minyak esensial ini yaitu mendapat keuntungan bersih sebanyak 40 % dari omset yang didapat, bisa balik modal, dan juga berbuah untuk yang sangat melimpah.

Itulah cara membuat minyak esensial sendiri. Dalam artikel ini dapat disimpukan bahwa minyak esensial paling umum menggunakan metode penyulingan, minyak esensial memiliki banyak sekali manfaat, dan juga jika memulai bisnis minyak esensial akan mendapat keuntungan 2 kali lipatnya. Nah sekarang terserah, kamu ingin membuat minyak esensial jenis apapun. Untuk artikel lainnya bisa kalian kunjungi Cara Membuat Minyak Esensial.

Sekian, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Apabila ada saran atau kritik yang ingin kalian sampaikan bisa di tulis pada kolom komentar.

Jangan lupa share sebanyak banyaknya, agar bermanfaat untuk banyak orang dan juga bisa mencoba bagaimana cara membuat minyak esensial sendiri.

Terima kasih…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *