Menikah menjadi momen penting dalam hidup manusia. Dengan kamu memutuskan untuk menikah berarti kamu siap untuk menjalani hidup berdua bersama pasangan kamu, melewati hari-hari baik susah maupun senang. Tentunya saat pasangan memutuskan untuk menikah akan banyak pertimbangan di dalamnya mengenai biaya setelah menikah, biaya anak bahkan untuk rumah. Tetapi tidak semua pasutri baru ini memiliki dana untuk memiliki rumah sendiri mengingat banyaknya biaya yang telah dikeluarkan tidak mencukupi untuk membeli rumah sendiri, solusinya mereka akan memilih tinggal di rumah kontrakan sembari mengumpulkan dana membeli rumah sendiri.

Biar kamu para pasutri tidak bingung saat memilih kontrakan untuk ditempati, kamu dapat mempertimbangkan beberapa cara ini, yaitu.

  • Lakukan survei secara langsung

Saat kamu sudah menemukan rumah kontrakan yang kamu cari, kamu bisa langsung menghubungi kontak sang pemilik rumah dan melakukan survei secara langsung. Saat survei ini cek jumlah kamarnya, kondisi atap dan lantai, dapur dan lain-lainnya, kamu juga wajib cek kondisi listrik dan air apakah memiliki kendala.

  • Perhatikan kondisi lingkungan sekitar

Selain kondisi dalam rumah, kamu juga wajib cek lingkungan sekitarnya apakah lingkungan sekitar bersih, aman dan kondusif atau malah sering terjadi kerusuhan serta gangguan. Kamu juga bisa memulai menyapa tetangga terdekat karena memiliki tetangga yang baik dan suportif itu dapat membantu kamu jika kamu mengalami kesulitan.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  • Sesuaikan lokasi dengan kebutuhan

Tentu kamu tidak ingin menempuh jarak yang terlalu jauh saat bekerja dan pulang kerumah kan, pertimbangkan pemilihan lokasinya agar jarak tempuh tempat kerja dan rumah bisa dijangkau, hal ini bisa lebih menghemat anggaran transportasi dan tidak banyak menghabiskan waktu dijalan.

  • Lokasi dan fasilitas umum

Selain dekat dengan tempat kamu bekerja, pastikan rumah kontrakan kamu dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, tempat ibadah maupun kantor polisi. Hal ini akan mempermudah jarak tempuh jika terjadi sesuatu dengan kamu atau pasangan kamu.

  • Pertimbangkan budget sewa rumah

Hal terakhir yang sangat penting yaitu masalah dana, setelah kamu melakukan survei ke beberapa tempat bandingkan juga harga dan masa sewanya, pilihlah rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu ya. Always be wise.

Simak artikel terkait lain [5 Tips yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengontrak Rumah]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *