Sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia terutama bagian timur Indonesia, sagu ini menjadi makanan pokok bagi masyarakat Papua, Maluku dan daerah timur lainnya.

Sagu memiliki tekstur yang lengket dan kenyal sehingga menciptakan rasa yang unik, sagu bisa diolah sebagai bahan pokok pembuatan kue. Sagu juga dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari tepung, gula bahkan beras sagu.

Sagu ini ternyata memiliki banyak manfaat selain itu sagu juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, rendah lemak dan rendah gula. Karena kandungan-kandungan ini sagu punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, simak beberapa manfaat sagu untuk kesehatan berikut ini.

  • Manfaat untuk sistem pencernaan

Sagu dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan untuk tubuh, sagu ini biasa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, sembelit, maag dan asam lambung. Dengan mengkonsumsi sagu ini produksi enzim terhadap pencernaan mu dan pergerakan usus akan meningkat.

  • Manfaat bagi kesehatan tulang

Sagu dapat membantu untuk perbaikan tulang dan sendi pada tubuh dengan mengkonsumsi sagu ini, kamu dapat membuat gerakan pada sendi menjadi lebih fleksibel karena sagu mengandung glukosamin.

  • Manfaat untuk mencegah darah tinggi

Sagu cocok dikonsumsi untuk mengatasi darah tinggi karena sagu mengandung potasium yang dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan keseluruhan sistem kardiovaskular.

  • Sebagai sumber energi

Sagu memiliki kandungan karbohidrat yang cocok untuk menambah energi, sebaiknya kamu mengkonsumsi sagu setelah berolahraga karena energimu telah hilang. Sagu ini dapat meningkatkan produksi glukosamin alami yang dapat memperbaiki pemulihan otot.

  • Sebagai masker alami

Khasiat sagu selain untuk manfaat kesehatan dapat digunakan juga sebagai masker untuk kecantikan, sagu ini bisa dijadikan bedak atau masker karena mampu eksfoliasi kulit. Kamu bisa mencampurkan sagu dengan beberapa tetes susu sampai konsistensinya seperti pasta yang kental.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *