Resep Cenil Pelangi

Resep Cenil Pelangi

Hallo sahabat 1001 resep masakan, kami akan membagikan artikel resep masakan yang sederhana dengan bahan yang praktis dan mudah untuk di dapatkan.

Kali ini kami akan membagikan resep cenil pelangi. Cenil pelangi merupakan jajanan asli tradisional Indonesia, bahan cendil itu sendiri meggunakan tepung kanji dengan campuran kelapa parut, pewarna makanan, dll. Cenil Pelangi itu sendiri berasal dari pulau Jawa yang memiliki tekstur kenyal serta manis.  Cenil Pelangi ini bisa disajikan sebagai cemilan atau makanan cuci mulut yang sangat cocok untuk disajikan keluarga anda. Selamat Mencoba.

Bahan Cenil Pelangi :

400 gram tepung kanji
275 ml air
1 sdt garam
pewarna makanan warna merah, kuning , hijau
2000 ml air, untuk merebus
8 – 10 lembar daun pandan, potong-potong
1/2 butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
1 sdt garam
20 buah takir daun pisang (bila suka)
6 sdm gula pasir

, potong-potong
1/2 butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
1 sdt garam
20 buah takir daun pisang (bila suka)
6 sdm gula pasir

Cara Membuat Cenil Pelangi :

  1. Langkah pertama Larutkan 50 gram tepung kanji dengan 60 ml air, aduk, sisihkan.
  2. Kemudian didihkan sisa air bersama garam di atas api sedang. Kita masukkan larutan tepung kanji sambil diaduk hingga adonan mengental, angkat.
  3. Setelah itu aduk terus hingga adonan mengental rata dan agak dingin, campurkan sisa tepung kanji sedikit demi sedikit ke dalamnya.
  4. Langkah ke empat uleni hingga rata, lalu bagi adonan menjadi 3 bagian. Berikan warna merah, kuning, dan hijau ke dalam adonan yang sudah dibagi.
  5. Langkah selanjutnya kita ambil 1 sdm adonan merah, kuning dan hijau. Satukan adonan lalu gulung bentuk panjang sebesar kelingking. potong—potong bentuk persegi panjang.
  6. Masukkan air dan daun pandan dalam panci, jerang di atas api, masak hingga mendidih, lalu kecilkan api, tutup panci. masak hingga aroma pandan terserap oleh air. Buang daun pandan, teruskan memasak hingga air mendidih.
  7. Selanjutnya masukkan adonan yang sudah dipotong-potong ke dalam air pandan, masak hingga mengapung (kurang lebih 5 menit), angkat.
  8. Terakhir gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dicampur garam, hidangkan di atas wadah atau takir daun pisang dengan taburan gula pasir.

Silahkan mengunjungi 1001 Resep Masakan Asli Indonesia untuk mendapatkan informasi resep lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *