tpu cikadut

Bagi warga Bandung hampir pasti mengenal TPU Cikadut. Bagaimana tidak, TPU yang satu ini disebut-sebut sebagai kawasan pemakaman yang terbesar di Asia Tenggara.

Ya, jika melihat dari luasnya memang tidak mengherankan TPU yang luas areanya mencapai lebih dari 560 ribu meter persegi ini disebut yang terbesar. Bagi Anda yang belum tahu, TPU Cikadut ini berada di timur kota Bandung tepatnya di Jalan Cikadut, kawasan perbuktian Bandung Utara.

Tempat pemakaman yang satu ini berbeda dengan tempat pemakaman lainnya karena hanya untuk orang yang berasal dari etnis tionghoa. Awalnya, TPU ini disebut sebagai Kuburan Cina Cikadut. Namun, sekitar era orde baru nama tersebut diganti menjadi TPU Hindu/Budha Cikadut.

Jika dilihat dari papan TPU di area depan, tempat pemakaman ini untuk orang etnis Tionghoa yang beragam Hindu, Budha, atau juga Kong Hu Cu. Meski demikian, ternyata di dalamnya terdapat juga makam orang Kristen dan juga orang Islam.

Tidak semua orang bahkan warga Bandung pernah melihat isi dalam TPU Cikadut. Selain karena tempat pemakaman khusus etnis tertentu, tentu juga tidak semua orang gemar mengunjungi makam-makam yang ada disekitar.  Namun jika Anda penasaran seperti apa isi dalam dari pemakaman Cikadut ini, di sini akan diberikan rangkuman singkatnya.

Beberapa informasi yang telah disiapkan antara lain sebagai berikut:

Makam Mewah

Sekilas jika melihat isi keseluruhan dari area pemakaman di Cikadut ini adalah kesan makam mewah.

Seperti makam di San diego hills karawang, informasi nya bisa anda baca di sini Makam San diego hills. Tidak mengherankan memang jika etnis Tionghoa memang sangat memperhatikan estetika dari area pemakamannya.

Terlihat juga ada beberapa makam yang memang terpisah dan dibuatkan bangunan. Contohnya ada saja ada makam dari pengusaha tekstil terbesar di Bandung yang telah meninggal dunia.

Di area ini, bahkan terdapat pagar khusus dan seperti ada halaman rumah khusus lengkap dengan bangunan yang beratap. Namun jika dilihat secara keseluruhan, bisa disimpulkan juga seperti apa status sosial semasa hidupnya dari orang yang telah meninggal di sini karena memang rata-rata begitu mewah.

Makam Plural

Meski khusus untuk etnis Tionghoa, TPU ini terbukti cukup plural dari segi latar belakang agama. Ya, seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa tempat pemakaman ini tidak hanya ditempati oleh orang yang berasal dari agama Hindu dan Budha saja namun juga terdapat makam agama lain.

Contohnya, ada makam orang Batak yang diketahui beragama Kristen dan ada dua makam Islam. Dua makam Islam ini yang satu sangat terlihat dari bentuk bangunannya dan yang satu lagi bahkan terdapat tulisan arab yang menggambarkan apa agama orang yang berada dimakam tersebut.

Sangat luas

Area pemakaman di sini begitu luas. Menurut data, luasnya hingga 561.557 meter persegi. Meski begitu, di area pemakaman yang sangat luas ini tidak begitu kosong karena sudah mulai beroperasi sejak 1918. Umur yang sudah cukup tua untuk sebuah tempat pemakaman.

Terawat

Terdapat penjaga khusus yang bahkan tinggal didalam area pemakaman untuk merawat makam. Meski ada penjaga dan orang yang merawat makam, menurut penjaga pun dari pihak keluarga cenderung sering mengunjungi makam untuk membersihkan sembari berdoa.

Area pemakaman di sini juga memiliki krematorium yang juga diurus oleh pengelola khusus TPU Cikadut.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai TPU Cikadut. Dengan begitu, Anda yang belum pernah memasuki area pemakaman Cikadut bisa memiliki sedikit gambaran bagaimana isi bagian dalam dari area pemakaman etnis Tionghoa ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *