Kenapa Jalanan Harus Diaspal?

jasa pengaspalan bekasi

Jalanan di Bekasi pernah menjadi bulan-bulanan di internet dikarenakan kondisi jalan aspalnya yang dinilai sangat tidak layak dan membahayakan penggunanya. Hal ini tentu adalah hal yang wajar. Kecelakaan yang diakibatkan kondisi jalan yang rusak dan berlubang tidak jarang memakan korban jiwa terutama bagi pengguna kendaraan roda dua.

Pemerintah daerah Bekasi sebenarnya telah berusaha untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak dengan bantuan jasa pengaspal Bekasi yang telah berpengalaman dalam menangani proyek-proyek serupa.

Selain menggunakan jasa tersebut, keberadaan jasa kontraktor Bekasi serta jasa aspal bekasi merupakan suatu hal yang tidak boleh dilupakan. Keduanya akan memberikan keuntungan seperti jaminan hasil proyek yang berkualitas serta penggunaan anggaran yang lebih rinci.

Keuntungan dan kekurangan jalan aspal

Sama seperti hal lainnya, jalan aspal juga memiliki berbagai keuntungan serta kekurangan. Untuk memudahkannya berikut ini merupakan keuntungan serta kelemahan penggunaan aspal sebagai material perbaikan untuk jalan.

Kelebihan jalan aspal:

  1. Permukaan jalan yang lebih halus dan nyaman ketika dilalui.
  2. Warna hitam aspal akan melindungi pengendara dari pantulan sinar matahari yang menyilaukan.
  3. Lebih terjangkau dibandingkan dengan jalan beton.
  4. Biaya perawatan yang lebih murah.
  5. Proses pengerjaan serta perawatan yang lebih mudah dan terjangkau.

Kekurangan jalan aspal:

  1. Kebal terhadap genangan air.
  2. Membutuhkan saluran drainase.
  3. Berbahaya dilakukan pada tanah yang rawan longsor.

Selain jalan aspal, sebenarnya saat ini mulai banyak dibuat jalan-jalan beton yang lebih kuat dibandingkan dengan jalan aspal biasa. Namun, jalan beton memiliki budget yang lebih tinggi dibandingkan dengan jalan aspal biasa. Oleh karena itu, jalan aspal masih menjadi pilihan di berbagai daerah.

Berikut merupakan beberapa contoh kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh jalan aspal. Salah satu yang cukup berbahaya adalah jika jalan aspal dibangun di lahan yang mudah longsor atau tidak stabil. Kondisi tersebut akan sangat berbahaya bagi pengguna kendaraan yang melewatinya.

Untuk itu, sebelum membangun sebuah jalan aspal sebaiknya dilakukan survey geologi terlebih dulu. Walaupun tinggal di kota besar seperti Bekasi, survey semacam ini masih penting dilakukan, khususnya bagi perusahaan jasa pengaspalan Bekasi.

Tanah yang tidak stabil bisa saja disebabkan oleh faktor-faktor teknis dan bukan karena faktor alami seperti yang sudah pernah terjadi di Jepang. Perusahaan jasa pengaspal Bekasi dapat belajar dari kejadian serupa di Jepang untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *