Hal Yang Perlu Diketahui Dalam Proses Ekspor

Banyak sekali UKM yang ingin melakukan ekspor ke luar negeri mulai dari produk makanan, perlatan rumah tangga, konveksi tas dan sebagainya. Namun masih memiliki kesulitan dalam hal prosesnya atau caranya. Mereka kebanyakan para UKM masih belum mengetahui mengenai informasi seperti ini.

Kegiatan ekspor adalah sistem komersial yang dapat diperdagangkan secara nasional. Pemerintah saat ini berusaha untuk meningkatkan nilai tukar mata uang dengan meningkatkan ekspor barang. Proses ekspor lebih sederhana daripada proses impor karena ada lebih banyak aturan impor daripada impor saat ini, terutama yang berkaitan dengan pajak.

Dalam kegiatan impor, hampir semua produk dikenakan pajak impor dan pajak impor lainnya, tetapi sebagian besar produk tidak dikenakan pajak ekspor atau pajak ekspor. Pajak ekspor termasuk ekspor kayu, rotan, dan SRO (minyak sawit). Kegiatan ekspor tidak kena pajak lainnya saat ini termasuk ikan, jagung, pisang, pakaian, dan elektronik.

Akhiri prosedur
Ini dimulai ketika eksportir mengemas produk dan siap untuk ekspor, dan ditulis ke dalam wadah sampai barang siap untuk pengiriman. Ketika suatu produk menyiapkan jadwal ekspor ke kapal kargo, eksportir dapat mengirim dokumen bea cukai yang disebut “Ekspor” (PEB). PEB berisi data tentang ekspor, termasuk:

Sumber data
Informasi produk pembeli
Data bea cukai (jika ada)
Kendaraan transportasi
Negara sasaran

Informasi terperinci tentang produk, termasuk jumlah dan jenis produk, dokumen pendukung, dan jumlah kontainer yang digunakan.
Ketika dikirim ke bea cukai setempat, barang akan dikirim dengan konfirmasi ekspor ke PEB ke pelabuhan dan kemudian dikirim ke kapal atau ke negara tujuan.

Setiap dokumen PEB harus membayar pendapatan kena pajak yang dapat dibayarkan ke bank atau bea cukai setempat. Pajak ekspor untuk setiap produk berbeda dari keputusan menteri.

Setiap produk yang diekspor memiliki aturannya sendiri berdasarkan produk tersebut. Misalnya, produk kayu yang digunakan dalam ekspor kayu memerlukan dokumen inspektur pelaporan yang bersertifikat FDA. Produk pertambangan lainnya juga mengandung dokumen yang mengharuskan penggunaan laporan survei.

Beberapa proyek diklasifikasikan sebagai pengolahan limbah. Jika Anda memenuhi persyaratan lokal dan memiliki lisensi BULOG, Anda memerlukan produk Amerika. Namun, banyak outlet tidak memerlukan atau memerlukan agen terkait, seperti sepeda, plastik, jus, sepatu, kabel, baja, mainan plastik, dll.

Memahami proses ekspor barang umum biasanya merupakan kegiatan ekspor / pengangkutan sejumlah besar produk untuk tujuan komersial, termasuk bea cukai (bea cukai) di negara asal dan tujuan. Bea cukai adalah manajemen barang masuk dan keluar domestik.

Bagaimana prosedur dan mekanisme ekspor saat mengekspor dari Indonesia? Secara umum, langkah-langkah berikut dilakukan selama proses ekspor.

Periksa terlebih dahulu apakah produk yang Anda ekspor mengandung produk yang dilarang atau diekspor tetapi tunduk pada peraturan atau dapat diekspor secara gratis (sesuai dengan hukum dan peraturan Indonesia). Anda dapat menemukannya di www.insw.go.id.

Pastikan juga bahwa barang diperbolehkan masuk.
Jika Anda membeli pembeli, sebutkan sistem pembayaran, jumlah dan karakteristik barang, dll. Ini berarti menyiapkan barang dan dokumen yang diterbitkan sesuai dengan kontrak yang disepakati dengan pembeli.

Menginformasikan pemerintah dan bea cukai menggunakan dokumen ekspor (PEB) dan dokumen pendukung.
Setelah persetujuan bea cukai, NPE (Ekspor Persetujuan Minggu) akan diberikan. Jika NPE dikeluarkan, produk dianggap sebagai hukum ekspor.
Pengiriman dan pengangkutan produk melalui udara, udara atau darat.

Keamanan Produk / Barang (jika Anda menggunakan kondisi CIF)
Tarik uang dari bank Anda (jika Anda menggunakan letter of credit atau pembayaran akhir)

Mengekspor produk industri juga merupakan proses ekspor yang sangat sederhana dan menjanjikan, terutama di bidang pertanian. Indonesia kaya akan mineral dan mineral dan dapat menyerap banyak pekerjaan. Namun, lebih baik untuk mengekspor produk jadi dengan nilai ekonomi yang lebih tinggi daripada bahan baku. Untuk kenyamanan Anda, kami menyediakan layanan manajemen ekspor.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *