Beginilah Penerapan Hukum Islam Di Indonesia

Sebagai umat muslim tanah air, tentu saja Anda perlu mngetahui bagaimana penerapan hukum Islam di Indonesia saat ini. Indonesia adalah suatu negara yang memiliki penduduk mayoritas beragama Islam. Akan tetapi alangkah lebih baiknya bila anda juga mengetahui dengan baik bagaimana penerapan hukum Islam di tanah air selama ini.

Islam telah ada bahkan sejak sebelum negara ini merdeka. Oleh karena itu sangat bijak bila Anda sebagai penerus bangsa juga mengetahui bagaimana seluk beluk dunia Islam di tanah air ini. Untuk itu pelajarilah dan akses informasi lebih dalam melalui laman ruangguru.co.id tersebut. Hukum Islam di Indonesia bahkan telah ada sejak sebelum jaman penjajahan Belanda yaitu pada sekitar abad ke tujuh Masehi. Sumatra menjadi awal mula Islam datang dan terus berkembang di berbagai penjuru nusantara. Hingga akhirnya VOC sebagai organisasi perdagangan Belanda di hindia Timur mulai datang yang ternyata juga memiliki maksud lain. akan tetapi dalam berjalannya waktu hukum yang ditetapkan oleh Belanda sulit untuk bercampur di tanah air hingga akhirnya VOC melakukan beberapa negosiasi terkait dengan hukum Islam yang telah tersebar dan melekat oleh penduduk. Seperti misalnya kompilasi terhadap hukum kekeluargaan dalam islam yang terlihat jelas dalam Compendium Freijer tahun 1760. Pengakuan atas nilai-nilai Islam ini terus berlangsung hingga beberapa kali pergantian kekuasaan. Akan tetapi pembatasan atas hukum Islam ini mulai terasa pada pertengahan abad 19 yang secara sadar ingin menata kembali kehidupan di Indonesia. Hal ini terutama mulai terasa saat Thomas S. Raffles menjabat dan mulai meralkukan berbagai cara memperlemah Islam seperti dengan melakukan pembatasan hukum Islam hanya dari spiritual dan menyebarkan agama Kristen. Berbeda dengan pemerintahan Jepang yang terus berusaha menarik simpati rakyat dengan tetap memberlakukan hukum Islam dengan berbagai janji-janjinya, seperti mendirikan kantor urusan agama Islam dan lain sebagainya. jadi bila pada jaman Belanda, Islam diperlemah, berbada dengan jaman Jepang yang justru tidak memiliki perbedaan posisi hukum islam.

Akhirnya masuklah pada era menjalang kemerdekaan. Dimana para petingginya juga berusaha untuk tetap menerapkan nilai-nilai hukum Islam di Indonesia. Hingga akhirnya status hukum Islam menjadi samar-samar karena memang adanya perbedaan agama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *