Pilihan Desain Bordir Komputer

Desain bordir sangat penting diperhatikan dalam pembuatan bordir komputer. Selain dituntut cepat, keindahan harus tetap menjadi poin penting dalam peletakan bordir pada suatu jenis fashion item. Seiring perkembangan zaman, bordir tidak hanya ada pada pakaian-pakaian mewah dan resmi tetapi pada item-item lainnya yang dapat mungkin dipakai sehari-hari seperti jilbab, gamis, kaos, bahkan sepatu.

Pembuatan bordir komputer dapat dilakukan dengan menggunakan software memudahkan dalam membuat, mengedit, mengatur, dan mencetak keluar bordir yang diinginkan. Mengedit dan mengatur desain yang dimaksud yaitu disesuaikan dengan jenis kain maupun format mesin yang digunakan untuk mencetak.

Apa saja yang perlu diperhatikan agar desain bordir komputer terlihat indah?

Bordir komputer menjadi jalan keluar ketika ingin meningkatkan kapasitas produksi, namun harus berhati-hati dalam memiliki desain agar ruh seni pada bordir yang dihasilkan tidak hilang. Agar desain bordir yang dihasilkan memberikan kesan manis, harus disesuaikan pada item fashion di mana bordiran akan dibubuhkan.

  1. Blouse

Blouse merupakan pakaian wanita yang berupa atasan dengan ukuran yang longgar. Desain bordir yang manis umumnya berupa bunga atau burung yang dapat diletakkan pada bagian dada, lingkar leher, lingkar bagian bawah dan lingkar tangan. Ukuran desain berupa bunga dapat lebih besar jika diletakkan pada bagian dada, dan lebih kecil pada bagian lingkar tangan maupun leher. Warna yang dipilih lebih cerah dan beragam (kombinasi) disesuaikan dengan pemakai jenis baju blouse yaitu wanita.

  • Baju Koko

Baju koko merupakan jenis pakaian yang umumnya dikenakan oleh pria pada acara-acara keagamaan. Desain yang sesuai sebaiknya yang sederhana dan elegan dengan satu jenis warna dengan jenis warna yang kalem. Letak bordir biasanya pada bagian dada kanan atau kiri saja, linear terhadap kancing baju dari atas sampai bawah, pada bagian kerah, dan pada ujung lengan.

  • Kaos

Kaos merupakan jenis pakaian kasual yang santai, sehingga peletakan bordir dapat bervariasi sesuai keinginan. Umumnya jenis bordir komputer yang dibuat berupa paduan huruf dan gambar kartun.

  • Rok

Rok bordir akan memberikan kesan cantik dan indah pada pemakainya sehingga pemilihan warna yang cerah dengan lebih dari satu warna. Peletakan bordir dapat dibubuhkan pada bagian bawah rok dengan bentuk yang melingkar atau pada keseluruhan bagian rok apabila ingin menghasilkan kesan ceria dan ramai.

  • Mukena

Mukena digunakan untuk beribadah sehingga jenis desain yang dibubuhkan sebaiknya memberikan kesan indah namun tetap kalem. Warna yang mencolok sebaiknya dihindari dan apabila ingin memberikan kesan mewah dapat menggunakan jenis benang emas atau silver saja. Peletakan bordir agar dapat terlihat yaitu pada bagian kepala, pada bagian lingkar bawah rok, dan lingkar bawah mukena bagian atas.

  • Sepatu

Kesan jasa bordir yang dimunculkan pada sepatu selain untuk keindahan harus tetap memberikan kesan kuat pada pemakai. Posisi sepatu yang berada paling bawah di antara fashion item lainnya biasanya menjadi item yang sedikit “terabaikan”, sehingga dipilih bordir dengan warna yang mencolok dengan ukuran tidak terlalu besar agar tidak memberikan kesan penuh.

Desain bordir sendiri jika dikerjakan dengan manual pada objek yang standar seperti baju memerlukan waktu pengerjaan yang lama, misalnya untuk menentukan warna dan ukuran brodirannya. Untuk itu kehadiran bordir komputer untuk pembuatan desain yang memungkinkan melakukan editing digital pada desain yang dihasilkan akan meningkatkan fleksibilitas dan produktivitas pembuat desain bordir.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *