Untuk Orang Tua, Tolong Ikuti Tips Ini, Agar Anak Terbiasa Buang Sampah Pada Tempatnya

Sebagai orang tua, tentu kita akan mendidik anak – anak kita kepada hal yang baik. Salah satu pendidikan yang harus diberikan kepada anak sejak kecil adalah budaya buang sampah ke tempatnya yang merupakan budaya bersih.

Tentu kita tau bahwa bersih itu adalah sebagian dari iman. Makanya hal baik ini perlu kita tularkan kepada anak kita sejak mereka masih kecil.

Nah, tentu cara mendidiknya pun harus dengan beberapa trik agar mereka lebih mudah memahami apa yang mereka lakukan dan apa manfaatnya setelah melakukan buang sampah pada tempatnya.

Berikut ini adalah salah satu contoh tips yang bisa anda terapkan di rumah untuk mendidik anak anda. Ini dia :

  1. Beri contoh

Taukan bahwa anak kecil itu adalah sang peniru yang ulung. Mereka mungkin bisa salah mengerti, tapi mereka pasti tidak akan salah mengcopy.

Maka dari itu, kita perlu terus memberikan contoh secara langsung untuk buang sampah pada tempatnya dengan benar.

  • Kasih tahu manfaatnya

Kita kasih tau kenapa mereka harus melakukan hal tersebut. Dengan begitu mereka pasti lebih mau untuk melakukannya.

  • Kasih tahu juga akibatnya

Kita beritahu juga kepada anak kita apa saja akibatnya jika kita tidak membuang sampah pada tempatnya.

Kita bisa membacakan cerita atau kita buatkan dongeng atau kita bisa tunjukkan video mengenai akibat buang sampah sembarangan, agar mereka nantinya bisa merasa bersalah jika buang sampah sembarangan atau bukan ke tempat sampah 3 warna .

  • Berikan fasilitasnya

Di rumah kita bisa menaruh beberapa tempat sampah yang lucu seperti di kamar mandi, di kamar anak itu sendiri, di ruang keluarga, dan di depan rumah. Ini akan lebih mempermudah mereka membuang sampah pada tempatnya.

  • Beritahu jenis sampah

Ini ada di tahap selanjutnya setelah anak sudah terbiasa buang sampah sembarangan. Kita harus memberitahu mereka jenis – jenis sampah agar mereka bisa membedakan antara jenis sampah yang satu dengan jenis sampah yang lainnya.

Dengan begitu, semakin sempurna kebiasaan dan pengetahuan mereka mengenai sampah. Apa manfaatnya, apa dampaknya, dan apa jenisnya, kini mereka sudah tahu.

Itu lah beberapa tips yang perlu anda terapkan sebagai orang tua kepada anak. Semoga tipsnya berhasil dan anak kita menjadi tertib untuk buang sampah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *