Beberapa Contoh Sampah yang Tidak Bisa Didaur Ulang

Kegiatan daur ulang adalah suatu proses yang dilakukan untuk membuat suatu barang bekas atau barang tak terpakai menjadi barang baru dan layak pakai yang bertujuan untuk mengurangi penumpukan sampah.

Namun yang perlu kita ketahui adalah, ternyata tidak semua sampah itu bisa didaur ulang. Ada beberapa benda yang bekas yang memang hanya sekali pakai dan seharusnya langsung dibuang saja.

Apa saja itu ? Berikut ini adalah beberapa jenis barang bekas yang tidak bisa didaur ulang :

  1. Kertas Basah

Salah satu jenis benda bekas yang tidak bisa didaur ulang adalah kertas basah. Kertas jika sudah terendam air, maka akan mengurangi kualitas daya daur ulang pada kertas tersebut. Karena kertas yang sudah basah lama – kelamaan akan hancur juga.

  • Kotak Pizza

Ya selanjutnya adalah kotak Pizza. Biasanya kotak pizza itu terbuat dari bahan karton. Dan setelah kotak pizza ini selesai digunakan biasanya akan banyak minyak, lemak, dan sisia makanan yang tertinggal.

Dan jika kertas karton yang berminyak dan berlemak ini masuk ke dalam proses daur ulang, pasti hasilnya akan buruk. Hal ini terjadi karena sifat minyak dan lemak yang menempel pada karton yang menurunkan kualitas dari karton tersebut.

Lagipula, pasti banyak orang yang ingin menggunakan barang dari bekas karton sisa makanan.

  • Styrofoam

Styrofoam merupakan benda yang sangat mudah terbakar. Makanya, karena sifatnya yang demikian, ia dianggap berbahaya oleh pusat daur ulang. Styrofoam ini merupakan suatu plastik yang paling berbahaya disbanding plastik lain bagi lingkungan dan kesehatan.

  • Tisu

Salah satu benda instan yang sering digunakan oleh masyarakat adalah tisu. Benda ini sering kali digunakan untuk membersihkan tangan atau benda – benda lainnya.

Tisu memang digunakan sekali pakai. Makanya tisu ini tidak bisa didaur ulang, karena sifatnya yang rawan terkena kontaminasi.

  • Paper Cup

Sudah bukan hal yang biasa jika kita sekarang lebih suka sesuatu yang instan. Misalnya ada orang yang ingin ngopi tapi tidak keburu karena dikejar waktu kerjaan, maka paper cup ini jadi solusinya.

Nah paper cup bekas ini tidak bisa didaur ulang karena terbuat dari bahan kertas yang setelah digunakan untuk ngopi, maka ampas dan sisa kopi akan banyak menempel di sana. Dan seperti biasa, kertas yang terkena air akan turun kualitasnya.

Nah itulah beberapa benda yang tidak bisa didaur ulang. Ayo, pastikan kita adalah orang yang suka mendaur ulang sampah dan membuang sampah kedalam tong sampah organik dan non organik agar volume sampah di tempat kita bisa berkurang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *