Ketahuilah Trik Mengubah Ruang Tamu Kecil Terlihat Lebih Lapang

Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau wilayah perkotaan tentunya kerap kali berhadapan dengan ruang-ruang yang terbatas. Kalau ini keadaan Anda, Anda bisa memperhitungkan ruang tetamu kecil sebagai tantangan desain yang kreatif. Kunci hidup gembira dan nyaman di ruang-ruang yang sempit ialah dengan menggabungkan beragam solusi hemat ruang dan multifungsi sekalian mengekspresikan gaya pribadi Anda. Keputusan yang arif akan menjadikan ruang yang Anda butuhkan serta merubah ruangan Anda menjadi istimewa dan mengundang. Untuk memudahkan anda dalam menerima tamu atau sebagai ruang anda berkumpul bersama keluarga anda bisa membelikan Kursi tamu jati yang dapat anda gunakan untuk menyambut tamu besar anda. Berikut ialah sebagian kiat yang bisa menolong Anda memanfaatkan beberapa besar ruang yang betul-betul penting merupakan: ruang tetamu.

  1. Ruang tanpa batas
    Pada ruang tetamu yang terbatas, Anda bisa menjadikan ruang yang lapang dengan membuka pintu atau dinding sehingga ruang-ruang di sebelahnya bisa menyatu. Ruang tetamu dapat terdiri dari gabungan ruang tetamu, ruang makan dan dapur apabila Anda menyingkirkan tiap dinding pemisahnya. Demikian pula, memperlebar pintu dan membukanya ke arah langit-langit akan memberikan kesan lapang dan lebih terbuka.
  2. Manfaatkan furnitur built-in
    Perabot built-in ialah pandangan baru investasi yang baik sekalian solusi yang ideal layak dengan keperluan ruang tetamu yang terbatas. Anda bisa menyesuaikan masing-masing furnitur untuk ruang tetamu Anda serta menambahkan satu atau dua unsur lain untuk mengoptimalkan pengaplikasiannya.
    Salah satu umpamanya merupakan daerah penyimpanan multifungsi yang tersembunyi di bawah sofa built-in. Kalau membeli furnitur dengan figur khusus melebihi anggaran Anda, kembangkan kreativitas Anda dengan laci buatan sendiri di bawah sofa atau rak tempel pada dinding. Pasanglah rak setinggi dinding untuk menjadikan pola vertikal. Penempatan rak yang lebih tinggi akan menolong menjadikan kesan padat di dalam ruangan.
  3. Tata letak dan pencahayaan kreatif
    Seandainya memungkinkan, cobalah membenahi furnitur dengan membikin pemisahan antara sebagian area fungsional. Tips ini akan menolong menetapkan fungsi yang berbeda dalam satu ruang; misal menempatkan meja di belakang sofa untuk menjadikan ruang kerja, atau mengendalikan bangku dan sofa Anda dengan metode sedemikian rupa sehingga memisahkan ruang tetamu dari ruang makan.
    Anda bisa menetapkan tata letak dengan menempatkan lampu gantung yang berbeda di masing-masing area yang terpisah, misal di area ruang tetamu, pakai lampu yang dekat dengan langit-langit. Kemudian, di ruang makan sebelahnya, pakai lampu figur lain yang menggantung ideal di atas meja.
  4. Sinar natural optimal
    Manfaatkan sumber sinar natural untuk membikin ruangan lebih cemerlang. Sebuah ruangan yang diterangi sinar sang surya menonjol lebih terbuka dan menolong menyingkirkan bayang-bayang yang bisa membikin tempat tertutup menonjol lebih kecil. Sistem paling gampang untuk mengoptimalkan sinar natural dalam sebuah ruang ialah dengan menempatkan cermin yang akan memantulkan sinar lewat jendela. Kecuali itu, cermin juga menjadikan ilusi ruang yang kontras. Seandainya memungkinkan, tempatkan furnitur yang paling kerap kali diterapkan seperti sofa atau bangku yang nyaman sehingga mempunyai pandangan ke arah luar.
  5. Opsi warna yang tepat
    Penerapan warna klasik putih atau pastel masih menjadi opsi terbaik untuk mengecat ruang yang lebih kecil. Kecuali itu, pengecatan lis dan dinding dalam ruangan dengan warna yang sama juga menarik perhatian dan menyoroti langit-langit, seperti di ruangan ini. Tapi, Anda juga bisa memilih warna yang lebih gelap dan menenangkan seperti seumpama, biru tua atau abu-abu tua, yang bisa membikin ruang kecil lebih terkesan mengundang. Trik dalam sebuah ruang kecil ialah dengan menyeimbangkan dinding gelap dengan elemen-elemen yang lebih jelas untuk menjadikan kedalaman dan mencerahkan ruangan, misal menempatkan sofa berwarna lebih jelas pada dinding yang gelap. Tambahkan dengan furnitur berwarna lebih jelas, aksesoris warna-warni dan karpet berpola.

Kalau Anda berani, Anda bisa juga bereksperimen dengan cat atau wallpaper berpola garis vertikal atau horizontal pada dinding, yang secara visual akan memperluas atau memanjangkan dinding.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *