Kenali Kamera iPhone Anda

Mengenali fitur Panorama dan HDR di kamera iPhone. Untuk versi lama sebelum iPhone 4S perlu pakai aplikasi pihak ketiga. iPhone memang paling berbeda, baik tampilannya, cara memakainya. Bahkan pengalaman memakainya. Begitu pula fitur kameranya. Karakter kamera di iPhone juga agak berbeda dibanding smartphone lain. Fitur dasar kamera di iPhone tipe apa saja pasti sama, asalkan sistem operasinya bisa di-upgrade ke versi terbaru.

Update Status Wa Dengan Smartphone Terkini

Sebagai contoh, fitur Panorama yang baru ada di iPhone 5, bisa juga dinikmati di iPhone 4, dengan syarat iPhone 4 itu bisa di-upgrade ke iOS 6.1.3. Maka, pembeda kinerja antar tipe adalah jeroannya. Jepretan kamera 8MP iSight dari iPhone 5, hasilnya lebih baik dibanding 5 MP iSight iPhone 4. Memang tak banyak bekal fitur di kamera iPhone, yang ada hanya HDR dan Panorama. Untungnya banyak aplikasi tambahan yang mudah dicari di App Store.

HDR

HDR (High Dynamic Range) adalah objek dengan elemen terang dan gelap dalam rentang lebar intensitas cahaya. Contohnya, bayangan di pepohonan saat siang terik. Kamera digital paling bagus sekali pun, sensornya tak mampu menangkap semua tingkatan cahaya seperti itu, dalam satu foto. Maka, munculah fitur HDR. HDR bekerja dengan membuat beberapa foto dalam komposisi yang sama persis, tapi bukaannya (exposure) berbeda. Misalnya, jepretan pertama fokus ke area paling gelap, jepretan kedua ke area sedang, dan jepretan ketiga fokus ke area paling terang.

Secara otomatis, ketiga foto itu lalu digabung dalam satu foto. Uniknya, iPhone bisa melakukan hal itu secara lebih simpel. Kamera iPhone mengambil tiga foto dengan bukaan berbeda secara bersamaan, mengambil bagian terbaik dari tiap foto, lalu menggabungkannya dalam satu foto. Semuanya dalam secara otomatis dalam waktu sangat singkat. HDR bisa diaktifkan lewat Options, lalu pilih On pada HDR. Standarnya, iPhone menyimpan foto normal saat shutter ditekan. Tapi kalau tak ingin menyimpannya, bisa diatur agar yang disimpan hanya jepretan terakhir.

Pengaturan bisa diakses di Settings Photos & Camera Keep Normal Photo. Agar didapat foto HDR yang lebih bagus, triknya adalah mengarahkan kotak bidikan dalam layar, ke area paling gelap objek yang dibidik. Memang sih, foto HDR tak selalu lebih bagus dibanding foto normal. Jadi sebaiknya, tetap simpan foto normal agar bisa diolah dengan aplikasi lain.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *