Tokina AT-X 470-200mm Pro VCM-S – Lensa Dengan Kemampuan Baik

Tokina AT-X 470-200mm Pro VCM-S – Lensa Dengan Kemampuan Baik

Akumoment – Pengetesan dilakukan di wilayah kebun binatang pada cuaca mendung hingga datangnya matahari. Harapan tinggi Tokina sepertinya kini terjawab dengan menghadirkan lensa tele terbaru beraperture maksimal f / 4. Kesan pertama yang didapat setelah menggunakannya sangat positif. Tampilan bersih, terdapat jarak antara fokus dan stabilizer. Untuk lensa tele Tokina yang satu ini, terlihat cukup kompak. Hal ini terlihat berdasarkan perbandingan dengan Nikon yang memiliki aperture maksimum sama f / 4.

Dilihat dari hasil gambar yang didapatkan, dengan berbagai sudut pandang maka dapat disimpulkan berdasarkan cara kerja, cincin zoom yang ada sedikit lama untuk melakukan penangkapan. Autofocus yang terasa seperti meraba, ditambah kontras yang rendah pada tiap sudut, terutama pada saat mencobanya di tempat yang gelap. Namun, secara perlahan menyebar ke titik yang tepat. Uji coba dilakukan disebuah kebun binatang dengan berbagai kondisi cuaca terutama debu dan percikan air ketika gerimis, lensa tidak mengalami gangguan. Pada lensa juga terdapat pengaturan untuk efek cuaca, dengan menggunakan ISO 800 di luar ruangan serta aperture f / 2.8 terbuka sangat menguntungkan.

Setelah cuaca membaik, dan lensa dibersihkan dari percikan air hasil yang diperlihatkan lebih mankjubkan. Pada aperture penuh terlihat lebih sempurna, ketajaman yang baik dan terlihat sangat jernih. Hasilnya dapat terlihat dari gambar yang ada dengan detail yang didapat lebih tajam dan tertangkap penuh oleh lensa. Sayangnya, dalam kontras yang rendah fokus otomatis tidak masuk dalam kategori ini. Ini merupakan suatu tantangan besar untuk para pengguna, namun demikian hasil yang diberikan masih bisa dikatakan cukup menjanjikan hal yang baik. Dalam AF-C mode dan pengambilan gambar terus menerus, AF yang statis membutuhkan beberapa waktu untuk mencapai ketajaman yang sempurna. Fokus yang berjalan terus menerus menghasilkan gambar yang cukup bisa diandalkan. Dari berbagai hasil yang didapat, cukup untuk menunjukan bahwa Tokina sanggup memenuhi harapan dalam uji praktik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *