4 Tips Mudah Memilih Genset Untuk Kebutuhan Industri

4 Tips Mudah Memilih Genset Untuk Kebutuhan Industri

Eragenset – Bagi konsumen genset pemula, memilih genset untuk kebutuhan industry sangat sulit. Apalagi, kini ada banyak tipe, ukuran dan bentuk dari mesin genset yang menjanjikan pemenuhan energy listrik saat dibutuhkan.

Genset rumah tangga ukurannya  jauh lebih kecil, daya listrik ringan dan portable. Berbanding terbalik dengan genset komersial yang dirancang untuk produktivitas pabrik atau perusahaan jadi sudah pasti daya listriknya jauh lebih besar.

Agar tidak salah pilih, simak dengan baik beberapa tips praktis menentukan size genset untuk industry di bawah ini:

  1. Frekuensi Dip

Pada dasarnya mesin genset mempunyai standar frekuensi 60Hz, standar ini merupakan standar yang ditentukan oleh Amerika Utara. Sayangnya, beban berat terutama ketika menyalakan genset akan mengurangi dan mempengaruhi kecepatan engine maupun frekuensinya.

Sudah jadi kewajiban pengguna untuk selalu memperhitungkan frekuensi dan kecepatan dari mesin, terutama jika ingin mesin genset yang dimiliki bertahan lama.

  1. Tegangan Dip

Sebelum memilih genset yang kecil atau besar, perhatikan pula besaran tegangannya. Yang Anda perlu lakukan cukup melakukan konsultasi pada orang yang tepat. Tanyakan berbagai hal menarik seputar tegangan dip agar tidak salah beli mesin genset.

  1. Aplikasi

Dari beberapa tipe genset, mana yang Anda butuhkan? Apakah genset yang selalu berada dalam kondisi siapa? Atau justru genset hanya akan dinyalakan ketika benar-benar dibutuhkan?

Selain mempertimbangkan sizenya, pertimbangkan pula jenis genset yang ingin dibeli. Mengingat kisaran harga mesin genset itu sangat berbeda tergantung dari performa dan kekuatan gensetnya. Ada baiknya, jika memilih mesin genset yang mampu memenuhi kebutuhan listrik industry Anda.

  1. Penempatan

Penempatan mesin genset secara otomatis akan memberikan pengaruh yang sangat tinggi terhadap aktivitas yang terjadi di sekitarnya. Jika Anda memilih mesin genset silent maka tempatkan mesin di ruang yang memiliki kelembaban, ketinggian dan rentang suhu yang tepat.

Genset ini secara alami tidak akan menimbulkan gangguan suara pada orang di sekitarnya karena sudah dilengkapi dengan peredam suara. Tapi bila ditempatkan di ruang yang tidak tepat pun bisa menyebabkan kondisi tertentu, termasuk kecelakaan kerja. Entah itu kebakaran atau bahkan keracunan gas.  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *