3. Berikan penegasan dan jangan bosan mengulang.

Harap memaklumi jika batita tidak menurut setelah 1—2 kali diberi tahu. ia bisa saja diberi semacam konsekuensi. Misal, tak boleh menikmati kue favoritnya sebelum mencuci tangan. Lalu jangan lupa, beri ia pujian saat sudah melakukannya.

4. Ajari anak berempati.

Cara pertama tentu saja dengan memberinya contoh. Beri respons positif saat ia bercerita. Jangan ragu untuk bertanya jika tidak jelas menangkap maksudnya. Pola komunikasi seperti ini bisa ditirunya saat berinteraksi dengan orang lain. kenyamanannya saat mengobrol dengan orangtuanya juga akan membentuk ”trust”. ini adalah modal bagi orangtua, karena kelak di kemudian hari ia akan selalu nyaman memberi tahu kita tentang berbagai masalah yang dialaminya.

5. Melaksanakan aktivitas di kamar gelap.

Aktivitas ini dapat menjadi ajang latihan agar si batita bisa menjadi pendengar yang baik. Caranya, ajak anak berbicara berdua saja minimal sekali dalam seminggu di dalam kamar yang lampunya diredupkan atau dimatikan dengan diberi penerangan dari lilin/emergency lamp. Mulailah bermain bayangan atau mendongeng, umpamanya, tentang ketekunan.

Mama bisa bercerita tentang betapa tekunnya seekor laba-laba membuat sarang memakai benang yang dikeluarkan dari tubuhnya. Lalu minta batita untuk memberi tanggapan ketika cerita sudah selesai. Timpali lagi tanggapannya dengan memasukkan berbagai pesan moral. Di situ anak akan belajar banyak hal tanpa ia sadari; dari belajar mendengarkan, memahami masalah, hingga mencari jalan keluar yang baik.

Kamar dengan pencahayaan minimal juga bisa membuat batita lebih relaks dalam mengungkapkan berbagai hal. Namun, kita juga mesti tahu apakah ia terbiasa dalam gelap atau justru takut. Jika takut, kita dapat memodi­ kasi aktivitas ini. Intinya adalah menciptakan situasi dan kondisi nyaman (anak tidak dalam kondisi lelah, lapar atau kesal), sehingga ia bisa menangkap apa yang ingin Mama sampaikan dan merespons Mama dengan baik.

Banyak sekali cara untuk memberikan pelajaran dan pendidikan kepada anak di rumah. Tentunya itu merupaka kegiatan yang melelahkan, namun kesabaran harus tetap ada menjadi orangtua. Simak tips cara hidup sehat di portal gaya hidup sehat modern yang bisa anda gunakan sebagai referensi  dalam menjaga keluarga tetap sehat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *